Keripik Priak olahan UPPKS Mandiri, Desa Sekar Biru, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat

Keripik Priak olahan UPPKS Mandiri, Desa Sekar Biru, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat

Bangka Barat-  Apabila anda anda bekunjung ke Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat, tepatnya di Desa Sekar Biru jangan lupa untuk membeli oleh- oleh yang satu ini yaitu keripik priak/ pare, pare (Momordica Charantia) ini biasanya diolah sebagai masakan atau lalapan. Pare yang juga disebut “paria” atau “periak” dalam bahasa lokal juga memiliki banyak manfaat dari buah hingga akarnya dan bisa diolah sebagai obat tradisional.

Pare mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin E, vitamin B1,B2, B3 dan folat. Selain itu buah ini juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, seng, magnesium, dan fosfor juga karbohidrat, antioksidan dan serat. Manfaat pare juga dikenal sebagai penurun gula darah.

Di Desa Sekar Biru, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat  pare diolah menjadi keripik. Melalui Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mandiri dari tangan ibu Marlena, pare yang pahit itu disulap menjadi cemilan yang enak. Awal mula pembuatan keripik pare ini untuk menciptakan produk unggulan desa sekaligus meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sehingga terlintaslah pembuatan keriripik pare. Selain keripik pare, ibu Marlena juga  mengembangkan keripik terong.

Pada awal percobaan keripik pare, rasa pahitnya masih terasa. Setelah beberapa kali percobaan barulah didapat hasil yang seperti sekarang. Untuk mengurangi rasa pahit, setelah diiris tipis pare direndam dalam air garam selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu dicuci bersih dan di tiriskan. Pare kemudian dimasak sebentar dalam air panas dan dibilas di bawah air yang mengalir sampai dingin. Barulah bisa dijadikan keripik.

Pemasaran keripik pare ini sudah menembus  supermarket  Transmart Pangkalpinang untuk produk lokal. Keripik ini juga  bisa ditemui di toko oleh – oleh lokal. Mari bersama cintai produk lokal, dan majukan produk- produk UKM serta UMKM yang ada di Bangka Barat agar lebih terkenal.

ingin menikmati kripik Priak/ pare? dapat memesan di nomor telepon : 0812-7227-6140

- Ayo Ke Bangka Barat-

Sumber: 

UPPKS Mandiri, Desa Sekar Biru, Kec. Paritiga, Kab. Bangka Barat - Disparbudbabar

Penulis: 

Reea Dewi | SAP

Fotografer: 

Disparbud2020

Editor: 

nov@

Bidang Informasi: 

  • Humas

Berita

You are not authorized to access this content.
You are not authorized to access this content.