Komunitas Bonsai Lestari Bangka Barat

Komunitas Bonsai Lestari Bangka Barat

 

Muntok-Bangka Barat, Bonsai Merupakan Suatu karya seni yang cukup popular dikalangan masyarakat baik didalam maupun luar negeri, khususnya di Indonesia seni bonsai dari tahun ke tahun terus berkembang dengan pesat, hal ini di tandai dengan terus bertambahnya komunitas organisasi atau perkumpulan dari Penggemar Bonsai di tiap-tiap daerah di seluruh penjuru tanah air.

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan didalam wadah (pot) dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman (sai) dilakukan pada pot dangkal yang disebut (bon), istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk bonsai dinilai dari bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai.

Seni ini mencakup berbagai teknik pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan (pembentukan cabang dan dahan pohon dengan melilitkan kawat atau membengkokkannya dengan ikatan kawat), serta membuat akar menyebar di atas batu. Pembuatan bonsai memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan, antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. Tanaman atau pohon dikerdilkan dengan cara memotong akar dan rantingnya. Pohon dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut. Tanaman adalah makhluk hidup, dan tidak ada bonsai yang dapat dikatakan selesai atau sudah jadi. Perubahan yang terjadi terus menerus pada tanaman sesuai musim atau keadaan alam merupakan salah satu daya tarik bonsai (sumber: wikipedia.org).

Saat ini di Kota Muntok, kabupaten Bangka Barat telah berdiri satu komunitas pecinta bonsai yang dinamakan Bonsai Lestari kurang lebih sekitar tiga tahun dengan anggota sekitar lima puluhan orang, dari komunitas pecinta bonsai sendiri tidak mematok umur muda maupun tua semua sama dan mereka telah memiliki ratusan pohon bonsai. Dengan tujuan utama untuk memperkenalkan bahwa di kabupaten Bangka barat juga memiliki komunitas pecinta bonsai yang memiliki kreatifitas seperti wilayah lainnya, disisi lain juga memperkenalkan jenis-jenis pohon yang bisa digunakan sebagai bonsai bahkan berpotensi menjadi bonsai yang bertarap tingkat nasional, dari beragam jenis bahan bonsai seperti Batang sapu-sapu, jeruk kingkit, wahong, sancang, beringin, anting putri, bougenvile dll.

Selain sebagai wadah para penggiat dan pecinta bonsai dalam komunitas tersebut para anggota tetap menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar yang merupakan sumber kekayaan alam yang harus dijaga karena didalam berkarya tanpa harus merusak hutan, dan tetap menjaga sportifitas di dalam bersaing, saling menghargai setiap perbedaan yang ada dan menjalin silahturahmi persaudaaran dalam kesatuan dan persatuan sesama pecinta bonsai se Bangka Barat bahkan se Indonesia.

Setiap tahun Komunitas Bonsai Lestari rutin menggelar kegiatan pameran bonsai di kota Muntok Bangka Barat, seperti dalam rangka memeriahkan acara HUT Kota Muntok ke 285 di pelataran gedung Museum Timah, dan di Kelenteng Kung Fuk Miau pada pameran foto yang bertajuk Potret Boen Toe jilid 2 yang diselenggarakan oleh Heritage of Tionghoa Bangka (HETIKA) pada Desember 2019 tahun lalu dan tentunya apresiasi yang luar biasa dari masyarakat Bangka Barat bagi Komunitas Bonsai Lestari dalam pameran-pameran yang diselenggarakan. Dengan kegiatan positif ini dapat membuka peluang bagi para pelaku usaha di bidang perdagangan, bagi para penggiat bonsai dapat menjual bonsainya, para pengrajin wadah (pot) dan trainer bonsai dapat mengembangkan karyanya, serta para penjual bahan- bahan pendukung media tanam dapat mengembangkan usaha mereka. Sekaligus mendukung program pemerintah di bidang pariwisata, seni dan budaya, dengan diadakan acara- acara pameran atau kontes bonsai otomatis dapat mendongkrak kunjungan wisatawan lokal maupun asing sebagai penunjang Daya Tarik Wisata (DTW) di Bangka Barat.

Apabila anda penghobi bonsai dan tertarik ingin bergabung atau belajar dengan Komunitas Bonsai Lestari Bangka Barat, serta berminat membeli bonsai bisa langsung menghubungi ketua Komintas Bonsai Lestari Bangka Barat. Bapak Eka Octawianto di nomor telepon : 0812-7256-5832.

Sumber: 

disparbudbabar, Komunitas Bonsai Lestari Bangka Barat, wikipedia.org

Penulis: 

SAP

Fotografer: 

Parbudbabar@2020

Editor: 

nov@

Bidang Informasi: 

  • Humas

Tags: 

  • #Komunitasbonsailestaribangkabarat #Komunitasbonsaiindonesia

Berita

You are not authorized to access this content.
You are not authorized to access this content.