Kunjungan kerja Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Tengah

Selasa (18/02/20) . Sebanyak 8 anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Tengah disertai perangkat daerah yang mendampingi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangka Barat, Senin ( 17/02 ). Kunjungan kerja itu diterima oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno, di Pesanggrahan Menumbing.

Dalam kunjungan kerja itu, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Tengah yang diketuai oleh  Wakil Ketua DPRD Kab. Bateng itu, Batianus, mengungkapkan bahwa kedatangan mereka untuk melakukan studi banding tentang cagar budaya Bangka Barat.“Kedatangan kami ini untuk memperoleh informasi mengenai  perlindungan, pemanfaatan dan pengembangan yang selama ini dilakukan oleh Pemkab Bangka Barat.” ungkap Batianus. Sehingga sangat tepat jika acara inipun dilaksanakan di Pesanggrahan Menumbing yang merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Bangka Barat.

Pada kesempatan itu, Bambang Haryo Suseno menyampaikan pemaparan tentang perlakuan terhadap cagar budaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Bangka Barat. Mulai dari pendataan tentang kekayaan kesejarahan yang ada di Bangka Barat, hingga upaya dan strategi yang dilakukan dalam pelestarian Cagar Budaya. Bangka Barat memulai dari pembentukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) di Tahun 2017, melakukan pendataan, dan penetapan Cagar Budaya, penempatan juru pelihara, membuat regulasi daerah terkait Cagar Budaya, hingga rencana pengembangannya. di Tahun 2019, sudah 18 peninggalan sejarah yang telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya dan diagendakan setiap tahun ada 6 tinggalan sejarah yang akan ditetapkan menjadi cagar budaya.

Diakhir acara kunjungan itu, Anggota Komisi II DPRD Kab. Bateng menerima bingkisan berupa buku-buku tentang sejarah dan cagar budaya Bangka Barat yang diserahkan langsung oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Bangka Barat. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama di ruangan kantin Pesanggrahan Menumbing.

Sumber: 
Disparbud
Penulis: 
SAP
Fotografer: 
SAP
Editor: 
BHS
Bidang Informasi: 
Humas