Lepet ketan

Muntok Bangka Barat adalah kota tua bersejarah dengan penuh keragaman budaya. Keragaman kuliner khas yang ada di kota ini juga merupakan kekayaan daerah yang sering menjadi daya tarik pengunjung . salah satu jeni kuliner yang diminati adalah kue/penganan Lepet Ketan. Lepet Ketan merupakan kue khas  Bangka Barat  yang  terbuat dari beras, sama seperti ketupat. Perbedaan kue lepet ini terbuat dari beras ketan, santan, kelapa parut, dan dibungkus dengan janur kelapa , dimasak  ± 2 jam.

Penganan atau kue tradisional ini sudah terkenal sejak dahulu di masyarakat Bangka Barat sebagai camilan keluarga atau acara jamuan acara adat tertentu.  Lepet Ketan mudah dijumpai di kedai-kedai kopi atau di kedai kue kawasan terminal lama Muntok, seperti kedai ibu Iis setiap harinya buka pukul 05.00 pagi hingga siang, yang menyajikan beragam aneka kue/penganan.

Berharap dengan UMKM yang ada di Kota Muntok dapat menjaga predikat Kota Muntok sebagai Kota Seribu Kue, melestarikan kue-kue tradisional, dan menjadi daya tarik wisata lokal maupun asing untuk berkunjung ke Bangka Barat.

Berminat menikmati  kue Lepet ketan? Silahkan singgah ke Kedai kue Iis atau informasi pemesanan dapat melalui telpon: 0852-6814-9654  

Sumber: 
disparbudbabar
Penulis: 
SAP
Fotografer: 
Parbudbabar@2020
Editor: 
BHS
Bidang Informasi: 
Humas