Muntok Aeromodelling Club ( MAC )

Bangka Barat yang kaya akan ragam seni, budaya, dan juga permainan, dan pentingnya peran serta para komunitas- komunitas kreatif sebagi pendukung kemajuan perekonomian di daerah dan juga sebagai pendorong kemajuan daya tarik wisata dalam perkembangan zaman dan teknologi, Bangka Barat juga mempunyai permainan yang tergolong modern yaitu pesawat terbang mini elektrik atau terkenal dengan sebutan pesawat aeromodelling.

Aeromodelling sendiri merupakan suatu permainan yang dipergunakan sebagai sarana miniatur (model) dengan tujuan rekreasi, edukasi dan olahraga. Kegiatan ini umumnya digemari oleh peminat ilmu pengetahuan dan teknologi secara perorangan ataupun yang tergabung dalam organisasi sosial kemasyarakatan, yang digunakan untuk menyebarluaskan minat kedirgantaraan di bidang aeromodelling.

Muntok Aeromodelling Club (MAC) turut memeriahkan dalam acara kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan penanaman bibit mangrove dan jambu mete di Pantai Ranggam Lestari Belo laut Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat  beberapa hari lalu  (20/03/20).

Pertunjukan atraksi pesawat aeromodelling tersebut sangat memukau, antusias para tamu undangan, warga setempat terlebih juga anak-anak sangat kagum melihat sejumlah 4 pesawat mini yang jadi andalan MAC tersebut seperti; pesawat angkutan udara, pesawat jet tempur, dan helicopter, dalam atraksinya saat diterbangkan oleh anggota komunitas Muntok Aeromodelling Club(MAC) pesawat pun lepas landas melesat tingggi mengelilingi Pantai Ranggam Lestari,dengan jangkauan terbang mencapai hingga ±800 meter hingga 1 kilo meter.

Disela-sela kegiatan acara tersebut salah satu anggota Muntok Aeromodelling Club (MAC) mengungkapkan“ bahwa pembuatan pesawat Aeromodelling sendiri dengan memanfaakan bahan limbah dari pembungkus buah-buahan seperti polyfoam dan styrofoam dan diolah sedemikian rupa menjadi sebuah miniatur pesawat terbang, dan komunitas kami ini Muntok Aeromodelling Club (MAC)  berdiri ±2 tahun hingga saat ini jumlah anggota 7 orang, selain dari warga Muntok anggota kami paling jauh dari Desa Dalil Bangka Barat ” pungkasnya, sambil mengendalikan pesawat menggunakan remote control.

Sumber: 
disparbudbabar
Penulis: 
SAP
Fotografer: 
Parbudbabar@2020
Editor: 
nov@
Bidang Informasi: 
Humas