PAGELARAN SENI LINTAS BUDAYA “PLESIR”

 Pagelaran Seni Lintas Budaya ini akan berlangsung selama dua hari, 24-25 November 2018 mulai pukul 13.00-17.00 WIB, di Kawasan Wisata Pantai Baturakit Muntok. Wahana pagelaran yang sedang on progress diharapkan dapat mewakili pesta seni budaya daerah dengan corak dan warna masyarakat pesisir.

Instalasi artistik digarap untuk menghiasi dan menambah keceriaan Plesir di Pantai Baturakit. Sepanjang tahun, terdapat beberapa ragam festival atau pagelaran musik, tari, dan atraksi seni budaya yang diselenggarakan di Bangka Barat. Event-event seni budaya itu sendiri harus bekerja ekstra dari event hiburan komersial lainnya untuk dapat menarik minat dan antusiasme masyarakat. Penggarapan instalasi artistik di Pantai Baturakit ini diharapkan mampu menambah nilai gelaran Plesir agar layak dikunjungi masyarakat.

Gelaran Plesir diharapkan menjadi salah satu wahana untuk dapat mendekatkan seni budaya kepada masyarakat dengan cara yang sederhana dan bergembira. Dengan berpartisipasinya para pelaku seni dari berbagai daerah dalam gelaran Plesir, baik solois maupun sanggar atau grup, merupakan upaya untuk mewujudkan itu.

Mereka, para pelaku seni, merupakan pioneer dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian daerah serta mempertahankan nilai-nilai luhur budaya Nusantara dari pengaruh weternisasi yang tanpa batas. Semoga para pelaku dan pagelaran-pagelaran seni budaya daerah mendapat perhatian dan ruang di hati masyarakat Bangka Barat.

Hidup dan lestarilah seni budaya daerah sebagai jati diri bangsa yang bermartabat dan berbudaya luhur.

Salam budaya.

Sumber: 

disparbudbabar