Pelepasliaran Satwa Endemik Bangka-Belitung di Gunung Menumbing

Muntok- Lembaga Konservasi Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi (Animal Lovers Bangka Island) Pangkal Pinang Bangka Belitung, melepasliarkan satwa dikawasan TAHURA  Gunung menumbing, Kec. Muntok. Kab. Bangka Barat. Dalam pelepasan hewan tersebut juga didampingi staf Dinas Pariwisata dan Kebudayan sebagai pengelola Kawasan wisata Pesanggrahan Menumbing (21/03/20).

Kurang lebih sebanyak 5 satwa yang telah direhabilitasi oleh Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi (Animal Lovers Bangka Island) yang terdiri dari; Mentilin, Kukang, Elang, Musang, dan Trenggiling. Hewan- hewan tersebut dilepas dan disesuaikan dengan habitat daerah ekosistemnya, seperti Mentilin dan kukang pelepasannya pada pohon yang dekat dengan buah-buahan, elang pelepasannya pada tempat ketinggian, dan musang dilepas daerah dekat dengan air yang berada dikawasan TAHURA Gunung Menumbing tersebut.

Menurut Endy, manager PPS Alobi menyatakan "Pelepasan satwa ke habitatnya ini merupakan bentuk upaya pelestarian flora dan fauna dari kepunahan khususnya di Bangka Belitung. Satwa ini merupakan titipan dari BKSDA Sumsel dan serahan masyarakat," pungkas Endy.

Dalam pelepasan hewan tersebut pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai pihak pengelola wisata Pesanggrahan Menumbing sangat mengapresiasi bentuk upaya pelestarian serta bertambahnya satwa yang ada di kawasan Gunung Menumbing, Semoga kita semua tetap menjaga agar hewan-hewan tersebut tetap lestari karena menjaga kelestarian adalah tanggung jawab kita bersama.

Sumber: 
disparbudbabar
Penulis: 
SAP
Fotografer: 
Parbudbabar@2020
Editor: 
nov@
Bidang Informasi: 
Humas