Rehabilitasi Pantai Ranggam Lestari, Desa Belo laut, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

Muntok (20/03/20), Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bupati Bangka Barat; Markus, Kapolres Bangka Barat; AKBP M Adenan, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi; Marwan, Kepala KPH Rambat Menduyung; Tanaim,Kepal Desa Belo Laut; Ibnu,  ±127 tamu undangan instansi serta para pimpinan bidang usaha dan warga setempat hadir mengunjungi Pantai Ranggam Lestari Belo laut, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

Kunjungan tersebut merupakan kegiatan gerakan rehabilitasi hutan dan lahan tidak bisa hanya dilaksanakan oleh Pemerintah, dan perlu dilakukan secara bersama-sama oleh berbagai pihak, oleh sebab itu Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung Bersama UPTD KPHP Rambat Menduyung  melakukan Rehabilitasi hutan dan lahan menuju hari Mangrove Se-dunia berupa penanaman bibit pohon mangrove dan jambu mete di kawasan Pantai Ranggam Lestari, Desa Belo Laut, Kec. Muntok. Kab. Bangka Barat.

Hari mangrove Se-dunia diperingati setiap tanggal 26 Juli setiap tahunnya, dan Indonesia salah satu negara yang dikaruniai mangrove terluas didunia termasuk Bangka Belitung, dan pada kegiatan program Pemerintah Provinsi kali ini. Desa Belo laut, Kab. Bangka Barat, menerima sebanyak 2.500 bibit pohon mangrove dan jambu mete yang nantinya akan berguna memperkuat bibir pantai ini kembali, sekaligus memperindah dikawasan pesisir Pantai Ranggam Lestari yang sebelumnya rusak, gersang, dan tandus.akibat kondisi alam yang tidak stabil.

Selain penanaman bibit pohon juga dilakukan penebaran benih kepiting mangrove yang merupakan salah satu sumber keragaman hayati dan juga menjadi bagian dari habitat yang ada di dalam hutan mangrove yang bisa dibudidaya dan dikonsumsi bagi masyarakat setempat.

Bangka Barat terkenal dengan sebutan wisata Kota sejarah, selain wisata sejarah wisata bahari pun turut memperkuat sektor kepariwisataan seperti pantai-pantai yang indah tersebar mengelingi wilayah Bangka Barat ini, semoga dengan penanaman bibit pohon mangrove dan jambu mete di Pantai Ranggam Lestari Desa Belo Laut ini kedepannya dapat menuai hasil yang terbaik dan sekaligus menjadi sumbangsih bagi daya tarik wisata bagi Bangka Barat.

Sumber: 
disparbudbabar
Penulis: 
SAP
Fotografer: 
Parbudbabar@2020
Editor: 
nov@
Bidang Informasi: 
Humas