Sanggar Seruni

Sanggar Seruni,­

Sanggar Seruni beralamatkan  di Jl. Jendral Sudirman pal 2, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, yang berdiri pada tahun 2009 dan masih aktif bergerak dalam bidang seni pertujukan khususnya dalam bidang tari dan musik tradisi hingga saat ini.

Sanggar Seruni  dipimpin  oleh  Anisa Pratiwi yang berprofesi sebagai Guru Seni Budaya Di SMA Negeri 1 Muntok. Bercerita mengenai karya, sebagai sanggar seni tentunya tidak dapat diragukan lagi, berapa banyak karya yang telah disuguhkan dalam berbagai pertunjukan, baik dalam tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi, bahkan juga tingkat Nasional, seperti acara festival di JCC tinggkat Nasional 2009, acara pawai budaya di Istana Negara 2009, penampil terfavorit pada festival temu karya se Indonesia di Jambi 2012, penampil terbaik pada acara kemilau Sumatera di Bengkulu 2012, tampil pada event ekonomi kreatif di Bali 2013, pagelaran seni lintas budaya di Bangka Barat 2016, tampil di festival SIAK bermadah 2017, penampil pada JOGJA streat festival 2018, dan pagelaran seni lintas budaya di Bangka Barat 2018, dalam penggarapan sebuah karya seni, sanggar Seruni sangat identik dengan proses kreatif yang berdasarkan seni tradisional yang ada di Bangka Belitung. Sebagai salah satu contoh, seperti acara yang bertajuk “Peresmian Gedung Pertemuan, Klinik, dan Mushola pada Kejaksaan Negeri Bangka Barat”, pertunjukan Tari Sambut Sanggar Seruni sangat memukau dan memberikan kesan hangat terhadap penyambutan dalam acara tersebut, yang dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2020 di Gedung Kejaksaan Negeri Bangka Barat.

Semoga Sanggar Seruni selalu berkarya bagi daerah. Menjadi kekuatan seni budaya daerah, menginspirasi, dan menularkan semangat kebudayaan bagi generasi muda, memajukan budaya, serta berperan bagi pembangunan kebudayaan daerah sekaligus mendorong kepariwisataan Bangka Barat.

Sumber: 
disparbudbabar
Penulis: 
SAP
Fotografer: 
Parbudbabar@2020
Editor: 
BHS
Bidang Informasi: 
Humas