Sedekah Bumi Peraceh Desa Air Menduyung, Kec. Simpang Teritip.

Waktu 03/29/2020 - 19:30
Pelaksana
Panitia Sedekah Bumi Peraceh
Lokasi
kediaman Bapak Senai Dusun Peraceh, Desa Air Menduyung, Kec. Simpang Teritip

Sedekah Bumi Dusun Peraceh, Desa Air Menduyung, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan bangka Belitung. Sedekah Bumi adalah sebuah ritual yang dilakukan oleh masyarakat Dusun Peraceh Desa Air Menduyung setiap setahun sekali yang sudah dilakukan sejak  dahulu. Leluhur masyarakat Dusun Peraceh adalah seorang batin yang pada zaman dahulu melakukan ritual Sedekah Bumi untuk membuka hutan untuk dibuat lahan berkebun.

Sedekah Bumi bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur atas selesainya panen padi dengan hasil yang memuaskan, meminta izin kepada leluhur agar dapat membuka lahan kembali untuk pertanian, meminta keselamatan kepada Yang Maha Kuasa, dan juga meminta leluhur agar melindungi masyarakat dari gangguan-gangguan roh halus.

Pada zaman dahulu, Sedekah Bumi ini hanya dilaksanakan oleh keluarga keturunan batin. Namun, saat ini sudah melibatkan seluruh masyarakat Dusun Peraceh, bahkan terbuka untuk umum. 

acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2020, pukul 19.30 WIB S/D selesai, Bertempat di rumah Bapak Senai, Dusun Peraceh. Desa Air Menduyung.

dan acara ini didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pariwisata Bangka Barat.

AgendaKegiatan Lainnya

29
Mar
2020

Sedekah Bumi Peraceh Desa Air Menduyung, Kec. Simpang Teritip.

29 Mar 2020

di kediaman Bapak Senai Dusun Peraceh, Desa Air Menduyung, Kec. Simpang Teritip
Pelaksana : Panitia Sedekah Bumi Peraceh