Sekda Babel : Keluhan Masyarakat Dorong Perbaikan Kinerja BPJS

Air Itam, Pangkalpinang – Badan Penjamin Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat untuk tidak patah semangat menanggapi setiap keluhan dari masyarakat, justru diharapkan sebaliknya agar dapat mendorong perbaikan dan peningkatan kinerja BPJS itu sendiri.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si ketika membuka kegiatan Forum Kemitraan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Semester Dua Tahun 2016, Jum’at (23/09/2016).

“Keluhan masyarakat tersebut jika tidak ditanggapi maka kinerja BPJS tentunya tidak mengalami perubahan dan keluhan tersebut merupakan dorongan sebagai upaya untuk memperbaiki kinerja kita, “ jelasnya.

Keluhan masyarakat tersebut menurut Sekda pasti ada sebabnya dan masyarakat akan selalu membandingkan pelayanan yang dilakukan BPJS dengan pelayanan dari instansi atau lembaga lainnya.

“Sepanjang kita melayani masyarakat atau pelanggan pasti ada permasalahan sebab mereka akan membandingkan pelayanan ditempat lain, “ tutur Sekda.

Dikesempatan tersebut Sekda Yan Megawandi menambahkan pertemuan yang dilakukan pada hari ini dengan para stekholder di lingkungan Pemprov Babel dengan beberapa rumah sakit dan pelanggan yang dalam hal ini diwakili oleh para veteran bersifat rutin dengan membahas beberapa persoalan untuk dicarikan solusinya dalam forum ini agar BPJS Kesehatan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Diakhir arahannya Sekda mengharapkan kepada pihak BPJS Kesehatan untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat atau pelanggan mengenai program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sebab menurut Sekda selama ini masyarakat di Provinsi Babel hanya mengetahui institusi BPJS bergerak dalam hal pelayanan kesehatan saja.

“kita duduk satu meja untuk menjelaskan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dengan staekolder agar  masyarakat tahu pengelolaan dan program dari BPJS,  sementara ini yang diketahui masyarakat hanya BPJS kesehatan saja, “ ujar Sekda sembari menambahkan akan memfasilitasi pertemuan tersebut.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional III Sumbagsel, Fahrurozi dalam paparannya mengatakan dukungan pemerintah dan dinas kesehatan dalam pengawasan standar kompetensi dan kelengkapan penunjang dalam menunjang optimalisasi pelaksanaan panduan praktek klinik bagi dokter FKTP sesuai dengan Peraturan Kepmenkes Republik Indonesia Nomor 02.02/Menkes/514/2015. 

Kegiatan yang diselenggaraan di ruang rapat Sekda, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Perwakilan dari Rumah Sakit Bakti Timah, RSUD Kota Pangkalpinang, Dinas Kesejahteraan Sosial, DPPKAD, Bidokes Babel, Ketua Pebabri, Ketua IBI Babel dan Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pangkalpinang beserta jajarannya. (Mislam).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Erik
Bidang Informasi: 
Humas