Surat Sukarno ke Fatmawati

Mengingat sejarah: 7 Februari 1949

Foto ini diambil 1 hari setelah kedatangan Presiden Sukarno di Mentok. Terdapat tulisan dibalik foto tersebut: "Fat, ini adalah gambar mas pada waktu sehari di Mentok. kurus ataukah gemuk?" (tertandatangan Presiden Sukarno). Foto ini adalah kabar pertama yang dikirimkan oleh beliau kepada Fatmawati di Jogjakarta pada saat itu. Sebuah bentuk romantis Sukarno kepada istrinya yang juga informasi kepada keluarga bahwa Sukarno telah dipindahkan Belanda dari Prapat (kota di tepi Danau Toba-Sumatera Utara) ke Mentok di Pulau Bangka, sekaligus meneduh atas kekhawatiran sang istri yang terpisah jauh antara Jogjakarta dan Pulau Bangka.

Foto ini berlokasi di Pesanggrahan BTW Muntok. Rumah pengasingan beliau di Mentok pada Februari - Juli 1949 bersama KH Agus Salim, Mr. M Roem, dan Mr Ali Sastroamidjojo. Bangunan yang masih tegak berdiri dan lestari hingga hari ini.  Kebanggaan orang Bangka atas jejak sejarah perjuangan Kemerdekaan RI di tanah Bangka.

Kenang-kenang membawa kemenangan. Mari mengenal sejarah. Mencintai Indonesia. Mensyukuri nikmat Ilahi atas nusantara yang wajib dibela

Sumber: 
Disparbud
Penulis: 
SAP
Editor: 
BHS
Bidang Informasi: 
Humas