Berita Terbaru

Penutupan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Tahun Anggaran 2020 berlangsung di De’locomotief Tongaci Beach Sungailiat Bangka.

Sungaliat- Bangka(30/09). Sebanyak 40 peserta Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Tahun Anggaran 2020  (DAK Non fisik Kab. Bangka Barat TA 2020) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat terdiri dari perwakilan Kelompok Sadar Wisata ( Pokdawis) dan juga perwakilan dari Staf Desa mengunjungi De’locomotief  Tongaci Beach Sungailiat Bangka.

Tim indentifikasi Monitoring dan Evaluasi ( Monev)  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata( Disbudpar) Prov. Kep. Bangka Belitung kunjungi Bukit Penyabung.

Pelangas- Simpang Teritip (29/09). Tim indentifikasi Monitoring dan Evaluasi ( Monev)  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata( Disbudpar) Prov. Kep. Bangka Belitung kunjungi Bukit Penyabung.

Bukit Penyabung merupakan salah satu  Daya Tarik Wisata unggulan yang ada di Desa Pelangas, Kec. Simpang Terip,  Kab. Bangka Barat yang menyajikan keindahan alami alamnya, keanekaragaman batu Geopark dan Geodiversity dan keanekaragaman flora dan fauna ( Bio diversity) dan juga Culturaldiversity keunikan kebudayaannya.

Penandatangan nota kesepakatan bersama (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dengan instansi vertical di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Muntok (14/09), Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD) Kab. Bangka Barat: Bambang Haryo Suseno, dan Kabid Pemasaran Pariwisata (DISPARBUD) Kab. Bangka Barat: Romi’at hadiri undangan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) antara Pemkab Bangka Barat dengan Instansi vertical di linkungan Pemkab Bangka Barat di Ruang I Sedta Kab. Bangka Barat.

Senja season II BDBAR akan mengunjungi Ibu Selemi

Muntok(04/09), Ikatan Bujang Dayang Bangka barat (BDBAR) akan melaksanakan aksi kegiatan yaitu Senja season II, kegiatan aksi ini akan di laksanakan pada hari Minggu (06/09/), di Desa Ahoy, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Adapun kegiatan aksi tersebut bertujuan untuk menemani massa senja kaum lansia yang jauh dari keluarga sekaligus menyalurkan bentuk sumbangsih kepada beliau yaitu ibu Selemi  

Penginapan Bunga Low Fort Nugent Taman Batu Rakit.

Bunga Low Fort Nugent Taman Batu Rakit. Jika anda ingin belibur bersama keluarga dengan tujuan Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat. Prov. Kep. Bangka Belitung pastikan anda bermalam menginap di Bunga Low Fort Nugent. Bunga Low Fort Nugent beralamatkan di Jl. Raya Tanjung Kalian ± 300 meter sebelum Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kalian Ferry ASDP Indonesia.

Bupati Bangka Barat Markus hadiri Perayaan Upacara Sembahyang Rebut Dusun Tanjung Ular, Desa Air Putih, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

Muntok(01/09), Pelaksanaan Sembahyang rebut di Dusun Tanjung Ular, Desa Air Putih, Kec. Muntok Kab. Bangka Barat dihadiri Bupati Bangka Barat Markus, S.H berserta jajaran Asisten Sekda Drs. Rozali dan Bambang HS selaku Plt. Kepala Dinas Pawisata dan Kebudayaan.

Kedai Batok 77 handycraf unik menarik

Jebus(10/08),  Kreatifitas dari seseorang bisa lahir dari mana saja. Begitu pula dengan sosok Herman Arbain saat tim Ayo ke Bangka Barat mengunjungi lapaknya berlokasi di pinggir Jl. Raya Jebus bersebelahan langsung dengan lapangan bola ini. Pria dengan nama panggilan akrab bang Herman ini kurang lebih sejak 3 tahun memanfaatkan limbah untuk dijadikan kerajinan.

‘Alunan Keluh Kesah’ Karya seniman Babar akan tampil dalam Pameran Daring MANIFESTO VII’PANDEMI’ 2020. Galeri Nasional Indonesia Jakarta

Muntok(07/08), Selamat atas terpilihnya sebuah karya dari penggiat seni Bangka Barat Anung ”nungser’ Yunianto dengan judul karya ‘Alunan Keluh Kesah’ video berdurasi 03 menit 33 detik bekolaborasi dengan seniman lokal dambus Bangka Barat Mang Itat akan tampil dalam ajang Pameran Daring MANIFESTO VII ’PANDEMI’ 2020 Galeri Nasional Indonesia, yang akan digelar pada Sabtu 8 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB via Zoom dan live di galnasonline.id.

Pembangunan Rumah produksi Buah Keranji Desa Air Putih

Muntok (06/08)-Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan apresiasikan program “KOTAKU” pembangunan rumah produksi pengolahan buah Keranji, dengan adanya dukungan program tersebut dapat mendongkrak perekonomian semangat masyarakat Desa Air Putih dalam pengolahan makanan khas daerah lokal Kabupaten Bangka Barat dalam sektor kepariwisataan Ekonomi Kreatif, IKM,UKM, UMKM  makanan khas Buah Keranji yang hanya bisa dinikmati dalam dua tahun sekali ini (05/08).

BN 10 Diusulkan Sebagai Cagar Budaya

Mentok (04/08) – Mobil merk Ford Deluxe 8 bernopol BN 10 yang berada di Pesanggrahan Menumbing akan segera diusulkan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sebagai Benda Cagar Budaya di tahun 2020 ini. Tim pendaftaran cagar budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat mengunjungi tempat disimpannya mobil tersebut hari ini di Menumbing (04/08).

Ratusan Peziarah Ikut dalam Ziarah dan Do’a Arwah Makam Kute Seribu

Mentok (03/08) - Sebanyak kurang lebih 800 peziarah mengikuti kegiatan Ziarah dan Do’a Arwah Makam Kute Seribu yang diselenggarakan oleh jamaah Surau Tanjung dan Masjid Jamik Mentok hari ini (03/08). Kegiatan yang diselenggarakan pada hari ke-4 Idul Adha ini berlangsung khidmat di bawah bayang-bayang pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini.

Simulasi Kesiapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Dua Objek Wisata Bangka Barat

Mentok (28/07) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat menggelar uji coba atau simulasi penerapan layanan Adaptasi Kebiasaaan Baru pada dua objek wisata, Pantai Baturakit dan Pesanggrahan Menumbing, hari ini (Selasa, 28/07). Simulasi itu digelar menjelang akan dibukanya kembali kedua objek wisata unggulan Bangka Barat tersebut untuk para pengunjung mulai hari Kamis mendatang (30/07).

“Melalui Pemilihan Bujang Dayang Tahun 2020 kita ciptakan generasi milenial yang tangguh dan berjiwa sosial tinggi dalam mewujudkan Bangka Barat Hebat 2021”

Muntok (25/07). Pemilihan Bujang Dayang tahun 2020 adalah rangkaian agenda kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD) Kabupaten Bangka Barat, bekerja sama dengan Alumni Ikatan Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR). “Melalui Pemilihan Bujang Dayang Tahun 2020 kita ciptakan generasi milenial yang tangguh, dan berjiwa sosial tinggi dalam mewujudkan Bangka Barat Hebat 2021

Selamat dan sukses atas terpilihnya "Bujang" Kelvin Fernando dan "Dayang" Fifi Nurhafifah Tahun 2020

Muntok (25/07). Selamat dan sukses atas terpilihnya Bujang dan Dayang Bangka Barat 2020, kepada finalis "Bujang" Kelvin Fernando Pratama berasaI dari Kecamatan Parittiga Bangka Barat, dan "Dayang" Fifi Nurhafifah berasal dari Kecamatan Muntok Bangka Barat.

Potensi Pantai Jerangkat dan Bukit Penyabung

Jebus (23/07). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat melakukan peninjauan ke Pantai Jerangkat dan Bukit Penyabung sebagai potensi objek pariwisata di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (23/07). Peninjauan ini didampingi oleh Sekretaris Desa Ketap, Deni Arianza, dan beberapa anggota Pokdarwis Jebung, akronim dari Pantai Jerangkat Bukit Penyabung.

Webinar Diskusi Sejarah #2 Mengangkat Tema Pembela Republik dari Mentok

Mentok (24/07). Hari ini Webinar Diskusi Sejarah #2 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat akan digelar dengan tema “Pembela Republik dari Mentok”. Diskusi Sejarah melalui aplikasi Zoom Meeting ini akan dimulai pukul 16.00 sampai 17.30 WIB dengan narasumber Bambang Haryo Suseno, pemerhati sejarah yang saat ini menjabat sebagai Plt. Kepala Disparbud Kabupaten Bangka Barat.

Webinar Diskusi Sejarah #2 Mengangkat Tema Pembela Republik dari Mentok

Mentok (24/07). Hari ini Webinar Diskusi Sejarah #2 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat akan digelar dengan tema “Pembela Republik dari Mentok”. Diskusi Sejarah melalui aplikasi Zoom Meeting ini akan dimulai pukul 16.00 sampai 17.30 WIB dengan narasumber Bambang Haryo Suseno, pemerhati sejarah yang saat ini menjabat sebagai Plt. Kepala Disparbud Kabupaten Bangka Barat.

(FGD) Focus Group Discussion Penelitian Pengembangan Strategi Desa Pariwisata Berbasis Budaya

Tempilang (21/07/). Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Pengembangan Strategi Desa Pariwisata Berbasis Budaya di Desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat. (Studi percontohan Desa Ubud Bali sebagai Desa Wisata Berbasis Budaya) yang diselenggarakan oleh Lembaga Peneliti Universitas Bangka Belitung dan Universitas Terbuka Kepulauan Bangka Belitung.

“Erwin Madu Kelulut”

Bangka Barat- Tempilang. “Erwin Madu Kelulut” Salah satu petani budidaya madu kelulut yang berlamatkan di Jl. Raya Desa Penyampak, Kecamatan Tempilang, Rt.07 Bitis, selama kurang lebih dua tahun Erwin menekuni usaha budidaya Madu Kelulut Trigona ini, yang awalnya hanya dengan beberapa kotak koloni saja, hingga kini berkembang menjadi 300 kotak “Log” koloni di area perkebunannya di Desa Penyampak tempat ia beraktivitas sehari- hari (10/07/20).

Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok, Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru

Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok merupakan salah satu bangunan Cagar Budaya yang beralamatkan di Jl. Jend. Sudirman Muntok dan dikelola oleh  PT. Timah, tbk. Sebelum menjadi museum seperti saat ini, dahulunya gedung ini adalah Kantor Pusat PN Timah yang berdiri sejak tahun 1915 yang merupakan bangunan modern pertama milik Pemerintah Hindia Belanda di Bangka.

Pelaksanaan Webinar diskusi sejarah bagian #1 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat

Muntok- Bangka Barat. Pelaksanaan Webinar diskusi sejarah bagian #1 yang membahas tentang jejak pendidikan peranakan Tionghoa di Bangka Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat bekerja sama dengan Museum Timah Indonesia Muntok, dan Komunitas penulis “Anak Mude” Pecinta dan Pemerhati Sejarah lokal sukses rampung di gelar bertempat di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat (17/07/20).

Pasadena Hotel dan Restaurant, sambut tamu dengan adaptasi kebiasaan baru

Bangka Barat (17/07/2020) Pasadena Hotel dan Restaurant adalah salah satu akomodasi di Kabupaten Bangka Barat yang mampu bertahan di tengah terjangan pandemi Covid-19, selama masa pandemi ini hotel yang berada di Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Bangka Barat Pal. 4 Daya Baru, Muntok ini hanya mengurangi jam kerja para karyawannya agar operasional hotel tetap berjalan. Pasadena Hotel dan Restaurant menerapkan standar protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru dalam menerima tamu yang datang untuk menginap di hotel mereka.

Pandemi Covid-19, Yasmin Hotel dan Restaurant Ubah Pelayanan tamu sesuai dengan pedoman dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif

Bangka Barat (17/07/2020), Setelah beberapa bulan dunia pariwisata mengalami dampak langsung dari adanya Covid-19, kini sektor pariwisata sedang berbenah kembali menyambut era new normal. Perlahan tapi pasti dunia kepariwisataaan mulai siap menyambut era adaptasi kebiasan baru dengan mengubah perilaku baru menjadi kebiasaan baru, salah satunya industri pariwisata yakni akomodasi perlahan bersiap untuk membuka kembali usahanya dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan siap menerima kembali tamu yang akan menginap.

Aneka snack dan cake LINA MANDIRI, Kec. tempilang. Kab. Bangka Barat.

Muntok Bangka Barat. Dalam rangka pemutakhiran data terkait perkembangan para pelaku usaha Ekonomi Kreatif, UKM, IKM, UMKM di Kabupaten Bangka Barat ( 10/07/20). Tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat menyambangi Rumah Snack Lina Mandiri yang terletak di Desa Benteng Kota Tempilang. Terletak di daerah pesisir Kabupaten Bangka Barat khususnya Tempilang kaya akan hasil laut. Salah satunya ikan tenggiri. Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai penganan yang enak. Mulai dari empek – empek hingga kerupuk.

Webinar Diskusi Sejarah #1 Membahas Jejak Pendidikan Peranakan Tionghoa di Bangka Barat

Mentok (15/07). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat akan menggelar seminar daring (dalam jaringan) atau webinar Diskusi Sejarah Bagian I pada hari Jum’at mendatang (17/07). Dengan mengangkat tema Jejak Pendidikan Peranakan Tionghoa di Bangka Barat, webinar ini akan dimulai pukul 16.00-17.30 WIB dengan narasumber Suwito Wu yang juga selaku Ketua Komunitas Heritage Tionghoa Bangka.

Dodol Ranggi- Desa Ranggi Asam Kec. Jebus. Kab. Bangka Barat.

Bangka Barat. Mengenal dan merasakan makanan yang satu ini pasti tidak asing bagi kita di Indonesia, makanan ini disebut "Dodol" dengan bermacam- macam  variasi rasa buahan dengan cita rasa gurih dan manis, bertekstur lembut pada bagian dalamnya, dan kering pada bagian luar, makanan ini biasanya menjadi salah satu makanan  khas atau oleh- oleh disaat kita berlibur disuatu daerah seperti di Pulau Jawa, dan cocok sekali menjadi sajian camilan disaat santai bercengkrama bersama keluarga.

Café Outdoor Foods & drinks- Desa Air Kuang, Kec. Jebus, Kab. Bangka Barat

Bangka Barat, Bagi anda yang berkunjung atau menikmati liburan akhir pekan berwisata ke Bangka Barat, dengan tujuan ke Kecamatan Parittiga, anda bisa bersantai sejenak menghilangkan rasa lelah, ada sebuah cafe yang sangat nyaman untuk di singgahi bersama keluarga, bersama pacar, atau sekedar santai bersama kerabat teman- teman, Tempatnya asik dan sangat luas,  Ada lukisan 3D bisa buat selfi- selfian di bagian tembok halaman.

Lima (5) pasang peserta finalis Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat 2020

Muntok- Bangka Barat. Berikut Lima (5) pasang peserta finalis Bujang dan Dayang Kabupaten Bangka Barat 2020. Wajah serta nama dan alamat yang  lolos dari tahapan sesi audisi interview secara daring/ online, para peserta bertatap wajah langsung/ video call dengan pihak juri melalui aplikasi WhatsApp online dilaksanakan pada Sabtu (27/06/20) yang sebelumnya berjumlah Dua Belas (12) pasang peserta semi finalis.

Penilaian secara daring/online Pemilihan Bujang Dayang Kab. Bangka Barat 2020

Muntok- Bangka Barat. Kesibukan para tim juri saat penilaian interview dalam ajang pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat tahun 2020, kepada 12 pasang Semi Finalis yang dilaksanakan di Museum Timah Muntok Indonesia secara daring/ online Sabtu, (27/06/20).

Penilaian interview melaui aplikasi WhatsApp online yang dilaksanakan di ruangan Museum Timah Muntok Indonesia secara terpisah, agar suasana tatap muka juri dan peserta tetap nyaman dan kondusif saat berinteraksi.

Semi Finalis Terpilih Pemilihan Bujang Dayang Bangka Barat 2020

Melalui rapat singkat panitia seleksi pemilihan Bujang Dayang tahun 2020 di Museum Timah Muntok Indonesia (25/06/20). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat mengucapkan selamat atas terpilihnya 12 pasang peserta Semi Finalis dalam ajang pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020.

Dengan melakukan penilaian dari berkas yang telah dilakukan seleksi diumumkan secara Live melalui official Instagram Bujang Dayang Bangka Barat pada Kamis, 25 Juni 2020 pukul 14.00 – 16.00 WIB dengan beberapa aspek antara lain :

Family Gathering IOF Pengda Babel Promosikan Potensi Pariwisata Kec. Parittiga, Kab.Bangka Barat.

Bangka Barat- Kurang lebih empat puluh peserta kendaraan roda empat Offroad dengan ciri khas menggunakan ban bertapak lebar, dengan spesikasi Fun Offroad, Extreme Offroad, Adventure Offroad, peserta memadati area kawasan Agro wisata Bukit Mantan Indah (BMI) Family Gathering Adventure Offroad, serta menyikapi persiapan new normal dalam mempromosikan potensi pariwisata di Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat(21/06/2020).

Keripik Priak olahan UPPKS Mandiri, Desa Sekar Biru, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat

Bangka Barat-  Apabila anda anda bekunjung ke Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat, tepatnya di Desa Sekar Biru jangan lupa untuk membeli oleh- oleh yang satu ini yaitu keripik priak/ pare, pare (Momordica Charantia) ini biasanya diolah sebagai masakan atau lalapan. Pare yang juga disebut “paria” atau “periak” dalam bahasa lokal juga memiliki banyak manfaat dari buah hingga akarnya dan bisa diolah sebagai obat tradisional.

“SENJA” video pendek karya aksi BDBAR raih juara harapan III. Lomba diselenggarakan oleh (KEMENPPPA) Republik Indonesia

Muntok- Bangka Barat. Selamat dan sukses kepada Alumni Ikatan Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bangka Barat, dengan meraih juara harapan III dengan total nilai 219 dalam lomba video pendek yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KEMENPPPA) Republik Indonesia yang diumumkan melalui tayangan video conference pada Senin (22/06/2020).

Vitur Merah ( Virtual Tour Mengenai Sejarah ) 12- 13 Juni 2020

Muntok- Bangka Barat, Mari kita apresiasikan dan ikut bergabung dalam Vitur Merah ( Virtual Tour Mengenai Sejarah ) 12- 13 Juni 2020 di Museum Timah Indonesia Muntok, bentuk aksi dari Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) pada kali ini dalam menuju New Normal. Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) yang berperan aktif membantu pemerintah Kab. Bangka Barat dalam mempromosikan berbagai macam potensi dan Daya Tarik Pariwisata Daerah, Baik secara sendiri- sendiri maupun secara bersama-sama melalui media sosial secara langsung.

Kunjungan kerja Study Komparasi Komisi II DPRD Kota Pangkal Pinang ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Bangka Barat Tahun 2020.

Muntok- Sebanyak 9 (Sembilan) Anggota Komisi II DPRD Kota Pangkal Pinang melakukan Study Komparasi bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat pada Hari Kamis (04/06/2020).

Pada kegiatan rapat tersebut hadir ketua, sekretaris, berserta anggota Komisi II DPRD Kota Pangkal Pinang; Ahmad Amir, Rio Setiady, Dwi Pramono, Ernawati, Riduan, Jamaludin, Untung Budiyono, dan Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat; Bambang HS, berserta Kepala Bidang Pemasaran; Romi’at, Kepala Bidang Destinasi; Setyawan.

Aksi BDBAR- Minus PLUS Berbagi

Muntok- Bangka Barat, pada aksi kegiatan kali ini Putra- Putri yang tergabung dalam Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) terbentuk pada tahun 2013, dan masih aktif hingga saat ini melakukan kegiatan bertemakan Minus PLUS Berbagi’ - Minus Plastik Used adalah sebuah kampanye untuk mengajak masyarakat dalam mengurangi penggunaan plastik kresek dan menggantinya dengan Tote Bag lalu dikemas dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara berbagi dengan sembako. 

Minus PLUS Berbagi

Minus PLUS Berbagi

Berlanjut pada aksi kegiatan berikunya, Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) yang sebelumnya sukses melakukan aksi TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis).

Kali ini akan melakukan aksinya kembali dengan tema ‘Minus PLUS Berbagi’ adalah sebuah kampanye untuk mengajak masyarakat dalam mengurangi penggunaan plastik kresek dan menggantinya dengan Tote Bag lalu dikemas dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara berbagi dengan sembako.

Aksi Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis)

Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh berkah yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Kehadiran bulan suci Ramadhan biasanya selalu disambut gembira oleh seluruh kaum muslimin, tak terkecuali bagi masyarakat muslim Indonesia.

Bulan Ramadhan yang identik dengan ibadah puasa yang memiliki banyak keistimewaan yang tidak bisa dijumpai di bulan-bulan lainnya. Allah SWT menjanjikan banyak kebaikan dan pahala yang berlipat ganda bagi mereka yang bisa memanfaatkan momen istimewa di bulan Ramadhan.

TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis) Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)

Masih dalam upaya #LawanCorona Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) akan melaksanakan sebuah aksi yang didedikasikan bagi Tenaga Medis sebagai garda terdepan dalam melawan wabah Corona yang mematikan.

Yang sebelumnya sukses menggelar beberapa kegiatan seperti Bermain (Berbagi Masker Kain)
dalam pembagian masker meliputi beberapa wilayah Pangkalpinang, Belitung, Muntok, Jebus, Parittiga, Jogjakarta.pada minggu lalu(19/4/20).

Bermain (Berbagi Masker Kain) aksi Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) Lawan Corona

Bermain (Berbagi Masker Kain) merupakan aksi sosial di beberapa wilayah yang telah dilakukan oleh Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR), dalam pembagian masker tersebut meliputi wilayah Pangkalpinang, Belitung, Muntok, Jebus, Parittiga, Jogjakarta.pada minggu lalu (19/4/20).

Pembagian masker diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia yang harus keluar rumah untuk mencari nafkah, terkait Pemerintah Indonesia terhadap antisipati penularan wabah Covid-19 serta anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO.

GO GREEN #DIRUMAHAJA, bentuk kepedulian Pemuda Hijau terhadap lingkungan ditengah pandemic Covid 19.

Kaum muda adalah barisan pelopor yang selalu menawarkan terobosan bagi perubahan zaman. Sejarah panjang dunia menuliskan aksi dan peran para tokoh muda yang berani merubah dunia dalam berbagai hal. Semangat kaum muda selalu menarik untuk diikuti, diperhatikan, dan juga diapresiasi atas aksi mereka yang kadang out of the box, murni tanpa kepentingan, dan tulus bagi tujuan atau sebuah perubahan yang lebih baik. Pemuda Hijau misalnya. Komunitas anak muda dari Bangka ini yang memiliki beragam aktivitas terkait dengan upaya menjaga lingkungan tetap asri.

Plaza Kuliner menjadi rumah singgah sementara bagi penumpang tujuan Muntok- Palembang.

 MUNTOK –Plaza Kuliner yang telah berdiri ± 1 tahun yang dikelola oleh pihak Pemerintah Daerah Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, bersebelahan dengan Pelabuhan penyebrangan Tanjung Kalian PT. ASDP Indonesia Ferry. Plaza Kuliner kini menjadi Rumah Singgah sementara bagi calon penumpang dengan tujuan Muntok- Palembang pada minggu kemarin.

BERMAIN (Berbagi Masker Kain)

Sebuah aksi dari BDBAR (Bujang Dayang Bangka Barat) yang digagas untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat agar bersama-sama #LawanCorona
Pembagian masker ini diperuntukkan bagi masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah untuk mencari nafkah ditengah pandemik Corona. Aksi ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 19 April 2020 oleh alumni BDBAR dan akan dilakukan dibeberapa wilayah :
1. Kota Pangkalpinang
2. Belitung
3. Muntok
4. Jebus
5. Parittiga
6. Jogjakarta

Sosialisi pencegahan Virus Corona kepada pelaku usaha jasa akomodasi di wilayah Kabupaten Bangka Barat

Muntok-Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Plt. Kepala Dinas Bambang Haryo Suseno, Kabid pemasaran Romi’at, Dinas kesehatan Bangka Barat Arsul sani dan Binadiawan, serta Gugus Tugas Covid-19 dari PolPP dan PB Bangka Barat Febriansyah, melakukan sosialisi kepada pengusaha jasa akomodasi terhadap kesiapsiagaan pencegahan pandemic virus corona (covid-19), bertempat diruang rapat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat(16/04/20).

Teh Tayu Baba Ng; The Taste of Bangka Heritage

Teh Tayu diambil dari Jenis Tanaman teh yang dibawa langsung oleh Soek Koeng Tjina pada zaman dahulu sewaktu mereka menjadi kuli tambang di Parit timah Jebus, di bagian Barat Pulau Bangka. Nama tempat dimana mereka tinggal dan menanam teh ini adalah desa Tayu atau disebut juga Thai Djiu dalam bahasa Cina Hakka.
Memiliki kandungan teh pucuk bermutu terbaik, Teh Hijau dari dataran rendah dari Dusun Tayu, Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Bangka Barat ini memiliki khasiat Teh Hijau untuk kesehatan, terutama di tengah pandemik Covid19.

Wisata Alam Bukit Telaga Tujuh, Sungai Buluh, Kec. Jebus, Kab. Bangka Barat, Kep. Bangka Belitung

Wisata Alam Bukit Telaga Tujuh memiliki ketinggian kurang lebih 15 MDPL dengan luas sepuluh hektare, Wisata Alam ini merupakan potensi daya tarik wisata baru di Kabupaten Bangka Barat dalam kategori Wisata Alam yang berjarak kurang lebih 8 KM dari pusat kota Kecamatan Jebus, jalur ke lokasi tersebut dapat ditempuh dengan mengunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Wisata Alam Mangrove Kp.Teluk, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat.

Wisata Alam Kp.Teluk, Desa Teluk Limau, Kec. Parit Tiga, Kab. Bangka Barat menyajikan keindahan Pantai seperti Pantai Siangau, Pantai Pala, Pulau Punai, Bukit Pala, selain itu ada juga wisata Alam lainnya yaitu Wisata Alam Mangrove yang terletak di Kp.Teluk, Kec. Parit Tiga, Kab. Bangka Barat, yang berjarak kurang lebih 100 meter dari JL. Desa Pala Pantai Siangau.

Temu lawak dan Jahe Merah, produk unggulan berbasis tradisi lokal dari Desa Buyan Kelumbi

UPPKS Rompi Sumbi dari Desa Buyan Kelumbi, Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat saat ini telah memproduksi dua produk khas daerah berupa kemasan Temulawak dan Jahe Merah siap saji. Dua produk ini merupakan industri rumah tangga yang berada dibawah binaan Balai Penyuluhan KB Kecamatan Tempilang. Produk unggulan yang merupakan pengembangan dari tradisi dan budaya masyarakat lokal ini dikemas dalam ukuran 100 gram, dengan komposisi alami, terdaftar dan memiliki label halal MUI. 

Homestay Abeb, pilihan penginapan baru di perkampungan Melayu Mentok

Homestay Abeb merupakan penginapan yang baru dibangun di Bulan Maret Tahun 2020, berada di Kampung Tanjung Sawah kelurahan Tanjung Kecamatan Mentok. Terletak tidak jauh dari Kantor Kelurahan Tanjung, berada ditepi jalan raya, mudah diakses dan harga yang terjangkau. berada ditengah permukiman bercirikan khas Mentok yang menyenangkan, disekitar kawasan ini dapat ditemui beberapa peninggalan sejarah budaya seperti Situs Benteng Kute Seribu, pemakaman melayu kuno/makam Bangsawan Mentok, komplek pemakaman Opsir Tionghoa Mayor Tjung, Mayor Tan Jie Mien, Kapiten Bong, dan sebagainya.

Muntok Aeromodelling Club (MAC)

Bangka Barat kaya akan ragam budaya, seni dan juga permainan, komunitas- komunitas kreatif sebagai pendukung kemajuan perekonomian di daerah, juga sebagai pendorong kemajuan daya tarik wisata dalam perkembangan zaman yang semakin maju dalam teknologi, Bangka Barat juga mempunyai komunitas permainan yang tergolong modern yaitu pesawat terbang mini elektrik atau terkenal dengan sebutan pesawat aeromodelling.

Pelepasliaran Satwa Endemik Bangka-Belitung di Gunung Menumbing

Muntok- Lembaga Konservasi Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi (Animal Lovers Bangka Island) Pangkal Pinang Bangka Belitung, melepasl satwa dikawasan TAHURA  Gunung menumbing, Kec. Muntok. Kab. Bangka Barat. Pelepasan hewan tersebut didampingi juga oleh staf Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kab. Bangka Barat yang juga merupakan pengelola Kawasan wisata Pesanggrahan Menumbing (21/03/20).

Rehabilitasi Pantai Ranggam Lestari, Desa Belo laut, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

Muntok (20/03/20), Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bupati Bangka Barat; Markus, Kapolres Bangka Barat; AKBP M. Adenan, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi; Marwan, Kepala KPH Rambat Menduyung; Tanaim, Kepal Desa Belo Laut; Ibnu,  ±127 tamu undangan instansi serta para pimpinan bidang usaha dan juga warga setempat hadir mengunjungi Pantai Ranggam Lestari Belo laut, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

Cegah virus corona Pesanggrahan Menumbing dan Pantai Baturakit Bangka Barat tutup sementara

Muntok (18/03/20) sehubungan dengan surat edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung nomor : 556/0271/DISBUDPAR (17/03/20) tentang perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di lndonesia, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah penyebarannya.

“DAK LAPUK HUJAN DAK LAPUK PANAS (BERAME)“ Komite Musik Dewan Kesenian (KMDK) Bangka Barat

Muntok (16/03/20), Kemeriahan dalam acara Pertunjukan Musik Bulanan "SUARA KEBERSAMAAN 2020" yang diusung oleh Komite Musik Dewan Kesenian (KMDK) Bangka Barat telah rampung digelar, kegiatan yang bertajuk “DAK LAPUK HUJAN DAK LAPUK PANAS (BERAME)“ tersebut merupakan kelanjutan dari Pertunjukan Musik Bulanan yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu yang mengusung tajuk "PANORAMA SENJA".

Alumni SMA Al- Azhar Jakarta Selatan berwisata ke Pesanggrahan Menumbing

Muntok (14/03/20), Alumni SMA Al- Azhar Jakarta  Selatan angkatan tahun 1990 berwisata ke Pesanggrahan Menumbing Kec. Muntok, Kab Bangka Barat (13/03/20), dalam kunjungan wisata tersebut didampingi langsung oleh Kasat Lantas Polres Bangka Barat AKP Toni Susanto S.H., beliau mengatakan “kunjungan rombongan Ibu- ibu tersebut merupakan acara reuni Alumni SMA Al- Azhar Jakarta Selatan", acara kali ini mengusung tema tema “Bio Goes to Bangka Island”.

AKUSTIK (Ayo Kurangi Sampah Plastik)

Ikatan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat(BDBAR) mempunyai Program Kerja  dengan Tema AKUSTIK (Ayo Kurangi Sampah Plastik) program ini adalah sebuah bentuk keaktifan dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu 14 Maret 2020 pukul 09.30 WIB s.d selesai, bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Muntok Bangka Barat yang beralamat di Jln. Kapt Ali Zein, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

CERIAK NERANG Desa Bukit Terak, Kec. Simpang Teritip.

Muntok(11/03/20) Ceriak Nerang Desa Bukit Terak Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat Kepulauan Bangka Belitung adalah kegiatan ritual adat atau tradisi yang dilakukan oleh masyarakat yang berada di Desa Bukit Terak Sejak nenek moyang suku Jering terdahulu, dimana ritual ini merupakan bagian dari rangkaian acara Ceriak Ngelam yang dilaksanakan sebelum masa tanam, sementara Ceriak Nerang dilakukan setelah masa panen.

Wakapolda Kep. Babel Kombes (Pol) Umardani, singgahi Pesanggrahan Menumbing Bangka Barat.

Muntok (11/03/20), Wakapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Kombes (Pol) Umardani didampingi Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan beserta jajaran dan ketua DPRD Bangka Barat Badri Syamsu singgahi  Pesanggrahan Menumbing Kab. Bangka Barat(10/03/20)

Kedatangan beliau sebagai pejabat baru tersebut usai melakukan kunjungan kerja di Polres Bangka Barat, selain bersilahturahmi  beliau juga ingin mengetahui situasi dan kondisi di wilayah hukum Bangka Barat dan juga terkait tentang kesiapan Polres Bangka Barat dalam menghadapi pengamanan Pilkada serentak 2020 mendatang.

SMP Kartini 1 Kota Batam kunjungi Pesanggrahan Menumbing

Muntok (10/03/20) SMP Kartini 1 Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau kunjungi Pesanggrahan Menumbing Kab. Bangka Barat (09/03/20), kunjungan 105 peserta ini merupakan kegiatan Study Tour SMP Kartini 1 Batam yang berakreditasi A meliputi kelas 7, 8, dan 9 dan guru pendamping. Rombongan ini melakukan tour selama 4 hari tanggal 08 s/d 11 Maret 2020 di Provinsi Kep. Bangka Belitung.

"Mentok Trail Run 2020" sukses di gelar di Pantai Baturakit

Muntok (09/03/20), Terima Kasih kepada pihak penyelenggara "Mentok Trail Run 2020" yang diselenggarakan di Pantai Baturakit Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat "Dodi Event Organizer" pada hari minggu (08/03/20).

Kegiatan yang bertemakan "wisata pantai kota sejarah Muntok Kabupaten Bangka Barat" ini  sangat meriah dan diikuti  ±200 peserta yang berasal dari dalam Provinsi maupun luar Provinsi Bangka Belitung, bahkan ada juga peserta yang berasal dari manca negara.

Sanggar Kampuseni menyambut kedatangan Gubernur Sumatera Selatan

Muntok(09/03/20), Sanggar Kampus Seni Muntok turut menyambut kedatangan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru beserta rombongan Perbakin asal Sumatera Selatan di Pelabuhan Tanjung Kalian (08/03/20), kedatangan beliau sebagai Ketua Perbakin Sumsel tersebut untuk menghadiri kegiatan latihan Perbakin bersama antara Perbakin Sumsel dengan Perbakin Babel di lapangan tembak Markas Komando (Mako) Brimobda Bangka Belitung, latihan bersama ini guna mempersiapkan diri untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan diselenggarakan di  Provinsi Papua mendatang.

Anak mude Mentok, kumpulan pecinta dan pemerhati sejarah lokal

Dalam dua tahun terakhir, aktivitas pemerhati sejarah lokal di Bangka Barat bertambah dengan kehadiran mereka. rutin berkumpul di akhir pekan 2 kali sebulan, mereka berdiskusi dan membahas seputar sejarah Bangka dari berbagai minat. Museum Timah Indonesia Muntok menjadi "kantor" mereka untuk berkumpul dan berdiskusi. kebetulan museum juga memiliki perpustakaan dengan sumber literasi sejarah yang cukup handal untuk dipakai sebagai sumber penulisan sejarah.

Warga Kemang Pratama 3 Jakarta kunjungi Pesanggrahan Menumbing Muntok.

Muntok (06/03/20), Rombongan wisatawan asal Kemang Pratama 3 Jakarta yang berjumlah 14 orang mengunjungi Pesanggrahan Menumbing Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat. Kegiatan ini merupakan agenda kunjungan wisata mereka selama tiga hari di Prov. Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung dari tanggal 5 s/d 7 Maret 2020. Rombongan tiba di Pesanggerahan Menumbing pukul 10.00 WIB dan disambut oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat Bambang H.S, Kabid.

Eye gre art present "MALAM SENI 3"

Muntok (02/03/20)  sebuah pertunjukan karya dari penggiat seni dan seniman Muntok yang tergabung dalam wadah seni pertunjukan  "MALAM SENI 3" yang merupakan kelanjutan dari malam seni 1 dan 2 pada tahun lalu, pertunjukan ini diusung oleh  Eye gre art present Di halaman rumah Maksu Ita kampung keranggan tengah, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

Kunjungan anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka ke Pesanggrahan Menumbing

Muntok (29/02/20),anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengunjungi Pesanggrahan Menumbing- Muntok, Kabupaten Bangka Barat, kunjungan tersebut merupakan kegiatan beliau setelah mengikuti acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI Perjuangan di Propinsi Bangka Belitung. Kedatangan Rieke Diah Pitaloka tersebut disambut oleh pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Bangka Barat sebagai tuan rumah untuk menjelaskan sekelumit informasi sejarah terkait dengan bangunan sejarah tersebut. 

A SIKOK ( Apresiasi Kreativitas  Muntok ) di Halaman Pesanggrahan BTW Muntok.

Muntok (29/02/20) Sebuah pertunjukan karya kreativitas dan UMKM lokal tergabung dalam suatu pertunjukan A SIKOK ( Apresiasi Kreativitas Muntok ) dengan Mengusung tema “PAPABTW#2” yang diselenggarakan pada Sabtu 29 Februari 2020 pukul 19.00 wib di Halaman Pesanggrahan BTW Muntok, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Liputan DAAI TV tentang sejarah dan budaya peranakan Tionghoa di Bangka

DAAI TV, sebuah chanel televisi swasta yang sering mengulas dan fokus pada budaya Tionghoa telah melakukan peliputan atas sejarah dan budaya peranakan Tionghoa di Kepulauan Bangka Belitung, termasuk Bangka Barat, kota Belinyu, Sungailiat, dan Pangkalpinang pada sekitar Bulan Februari 2020 kemarin. beberapa icon peninggalan budaya Tionghoa seperti Rumah Mayor Tjung A Thiam, Klenteng Kung Fuk Miau, perkebunan teh Tayu dan lainnya yang ada di Bangka Barat menjadi bagian dari peliputan mereka.

EYE GRE ART PRESENT "Malam Seni 3"

Muntok (28/02/20) Sebuah pertunjukan karya dan kreativitas dari seniman-seniman lokal di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, EYE GRE ART PRESENT mengusung tema "MALAM SENI 3" yang diselenggarakan pada Minggu 1 Maret 2020 pukul 19.30 wib, di Halaman Rumah Panggung Maksu ITA  Kampung Rebak Bisuk, Kampung Keranggan Tengah, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. acara tersebut menampilkan; Onny Musik Etnik, Dayni Musik, Guma Gitar Ensembel, Eyes Christa Teater.

"Muntok Trail Run 2020" Wisata Pantai Kota Sejarah.

Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, yang terkenal dengan sebutan Kota sejarah akan diramaikan dalam kegiatan lomba olah raga wisata (sport tourism) yaitu lomba lari jejak atau terkenal dengan sebutan Trail Run. Dalam Kegiatan lomba tersebut kawasan Pantai Baturakit akan menjadi titk awal kumpul bagi para peserta olah raga tersebut, Pantai Baturakit merupakan tempat wisata yang di kelola langsung oleh Pemerintah Daerah setempat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat.

Masjid Jami'

Masjid Jami' terletak  Di jl. Imam Bonjol No 1, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Propinsi Bangka Belitung. Masjid Jami' ini selesai dibangun pada 19 Muharram (1300 H) atau tahun 1883 Masehi, Masjid Jami' ini merupakan masjid tertua Di Muntok dan dibangun oleh H. Abang Muhamad Ali (bergelar Tumenggung Kertanegara II) dibantu oleh beberapa tokoh masyarakat muntok H. Nuh, H. Yakup, beserta warga masyarakat Muntok dan bantuan warga etnis Tionghoa.

Kue Pelite

Kue Pelite merupakan makan khas dari Bangka Barat semasa Bung Karno di asingkan di Muntok pada tahun 1948-1949, kue pelite menjadi sajian istimewa bagi beliau diantara kue lainnya, dengan tekstur lembut dan rasa manis.

Selain terkenal dengan sebutan Kota sejarah, Muntok juga terkenal dengan sebutan Kota seribu kue, yang pernah meraih penghargaan dari Muri ( Musium Rekor Indonesia ) pada tahun 2010 lalu.

Khataman Qur'an Desa Kapit, Kecamatan Parittiga.

Minggu (23/02/20) Khataman Al-Qur’an angkatan ke-21 Desa Kapit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat. Khatam yang diambil dari bahasa Arab yaitu tamat, Khatam biasanya mengacu pada sudah habis mengaji Al-Qur'an (menamatkan membaca). Khatam Al Qur’an  memiliki syarat tertentu, di antaranya; (1) harus bisa baca Al Qur’an; dan (2) telah menyelesaikan 30 juz.

Suttle Bus Pesanggrahan Menumbing

Shuttle Bus jasa angkutan penumpang roda empat Di Pesanggrahan Menumbing yang berkapasitas ringan, dengan desain interior mewah pada kabin dalamnya, dengan dilengkapi kursi model captain seat pada baris kedua, dilengkapi juga AC,CD, USB, dan tentunya dengan suspensi yang lembut multi-link menambah kenyamanan penumpang saat menaiki menuju puncak Pesanggrahan Menumbing.   

Kunjungan Wakil ketua BPK RI ke Muntok

Selasa (18/02/20). Wakil Ketua BPK-RI, Bahrullah Akbar, mengunjungi eks tempat pengasingan para tokoh kemerdekaan Republik Indonesia pada masa Agresi Militer Belanda II di Muntok, kemarin (Senin, 17/2/20). Tempat yang menjadi kunjungannya adalah Pesanggrahan Menumbing dan Pesanggrahan BTW Muntok.  Kunjungan itu dilakukannya setelah mengikuti Acara Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, pada Senin paginya (17/2/20).

Napak Tilas Perang Dunia II oleh Wisatawan Australia ke Eks Kantor Syahbandar Muntok

Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung,15 Febuari 2020 sebanyak 25 Wisatawan asing dari Kedutaan Besar Australia beserta anggota keluarga dan keturunan korban perang dunia II berkunjung ke Muntok. Kunjungan mereka merupakan rangkaian napak tilas sekaligus melaksanakan upacara tahunan untuk mengenang para perawat yg tewas di Pantai Radji 78 tahun silam dan dalam kunjungan mereka selama dua hari di ikuti  juga Atase Militer dari Inggris, Selandia baru, dan Kedutaaan Besar Jepang.

Liputan DAAI TV ke Bangka Barat.

Bangka Belitung menjadi agenda jadwal liputan stasiun TV Mandarin DAAI TV Jakarta, pada taggal 14 s/d 18 februari 2020, yang meliputi dari berbagai daerah di Provinsi Bangka Belitung, Mulai dari Pangkal Pinang, Kecamatan Jebus, Kecamatan Parittiga, Kecamatan Muntok, kemudian berlanjut ke Kecamatan Belinyu dan Kecamatan Sungailiat sebagai agenda terakhir liputannya.

Sanggar Seruni

Sanggar Seruni,­

Sanggar Seruni beralamatkan  di Jl. Jendral Sudirman pal 2, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, yang berdiri pada tahun 2009 dan masih aktif bergerak dalam bidang seni pertujukan khususnya dalam bidang tari dan musik tradisi hingga saat ini.

Lepet ketan

Muntok Bangka Barat adalah kota tua bersejarah dengan penuh keragaman budaya. Keragaman kuliner khas yang ada di kota ini juga merupakan kekayaan daerah yang sering menjadi daya tarik pengunjung . salah satu jeni kuliner yang diminati adalah kue/penganan Lepet Ketan. Lepet Ketan merupakan kue khas  Bangka Barat  yang  terbuat dari beras, sama seperti ketupat. Perbedaan kue lepet ini terbuat dari beras ketan, santan, kelapa parut, dan dibungkus dengan janur kelapa , dimasak  ± 2 jam.

Perayaan Cap Go Meh Desa Puput Kecamatan Parittiga

Perayaan Cap Go Meh di Desa Puput Kecamatan Parittiga pada  sabtu malam 8/02/2020 sangat meriah acara ini berlangsung selama dua hari, dihadiri oleh Anggota DPR RI; Ir. Rudianto Tjen, Anggota DPD RI; Alexander Franciscus, Bupati Bangka Barat; Markus, Camat Parittiga; Madirisa, Ketua DPRD Bangka Barat; H Badri, dan anggota DPRD; Suyenti Kabupaten Bangka Barat yang juga bertindak selaku ketua panitia acara Cap Go Meh, perangkat OPD Bangka Barat, dan Forkopimda, dan ribuan masyarakat Parittiga.

Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Gerakan Bersih Laut  dan Pantai Tanjung Ular

Tanggal 6 Februari 2020 Pantai Tanjung Ular, Desa air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat,  Distrik Navigasi menggelar acara “Gerakan Bersih Laut dan Pantai “ yang tergabung dari berbagai unsur instansi Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, Kejaksaan , juga warga setempat.

Pengasingan Ir Sukarno dan H.Agus Salim di Bangka

Mengingat Sejarah:

Tepat 71 Tahun yang lalu; 6 Februari 1949, Ir Sukarno dan H. Agus Salim dipindahkan Belanda dari Prapat ke Bangka menggunakan pesawat Catalina yang tiba di Pelabuhan Pangkal Balam - Pangkalpinang. Bergabung bersama 6 pemimpin Republik Indonesia lainnya yang sejak Desember 1948 sudah diasingkan di Bangka. Keriuhan orang Bangka sangat nyata saat itu. Rakyat menyambut kedatangan pemimpin republik itu dengan ramai mulai dari Pangkalpinang hingga Mentok. 

Panorama Senja

Penggiat seni yang tergabung dalam Komite Musik Dewan Kesenian Bangka Barat, hadir kembali dengan menyelenggarakan pertunjukan musik bulanan 'SUARA KEBERSAMAAN 2020" di bulan Februari bertajuk “ PANORAMA SENJA” . Pertunjukan musik yang akan di gelar pada tanggal16 Februari pukul 14.30 s/d selesai di kawasan Pantai Tanjung Kalian muntok akan menampilkan musisi muda dari kota Muntok  “FADJAR MOEDA BERSEROE” juga di meriahkan oleh kesenian kuda lumping dari TRISNO BUDOYO, serta penampilan dari SLBN 1 Muntok, serta dambus dari KMDK .

Wisata Pantai Baturakit

Wisata Pantai Baturakit

Pantai yang terletak di ujung  kota Muntok bersebelahan dengan pelabuhan Tanjung Kalian, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota, dengan hamparan pasir putih kekuningan pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Bangka Barat.

Teh Tayu

Teh Tayu merupakan teh hijau khas Bangka Barat yang dibudidayakan di Dusun Tayu Desa Ketap Kecamatan Jebus.  Pengolahannya pun masih tergolong sederhana dengan menggunakan alat-alat tradisional hingga menjadikan  Teh Tayu mempunyai aroma khas dan cita rasa yang nikmat  saat di sajikan.

Pesanggrahan menumbing

Pesanggrahan Menumbing.
Bangunan ini terletak pada 445 meter DPL, diatas puncak Bukit Menumbing, sebuah puncak tertinggi di Muntok. Dibangun oleh Banka Tin Winning (BTW) sebagai Berg Hotel pertama di Pulau Bangka, bangunan ini awalnya digunakan sebagai tempat yang prestise bagi kelompok elite kolonial Belanda untuk beristirahat. 

Pelestarian gasing

Pelestarian Gasing 
Gasing merupakan  permainan tradisional  sekaligus olah raga yang telah mengakar turun temurun di Bangka Barat. Dari anak- anak hingga orang dewasa  mengutip dari cultura id.gasing diambil dari dua suku kata gang dan sing,Gang yang berarti Lorong pada suatu tempat dan Sing suara khas yang di timbulkan dari gasing  saat dimainkan. 

Sanggar panglima angin

Sanggar Panglima angin

Muntok, Sanggar Panglima Angin turut serta menjadi pengisi dalam acara  launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat yang diakan oleh  KPU Bangka Barat pada Tanggal 02 Febuari Tahun 2020 di Lapangan Volly Binajaya Muntok.

Agrowisata Desa Tuik

 Agrowisata Desa Tuik.

Tuik, Desa yang terletak di Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka-Barat, Kepulauan Bangka Belitung Indonesia dengan luas wilayah ±17,33 Km2 .  dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian petani.

Mangrove Leguk bulan

Muntok-Bangka Barat, Sebuah pengembangan destinasi wisata baru; wisata alam Mangrove Leguk Bulan terletak di Kelurahan Tanjung - Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat yang hanya berjarak tempuh sekitar 10-15 menit dari pusat Kota Muntok. Kawasan wisata hutan mangrove ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat lokal setempat, bahkan pengunjung dari luar daerah untuk menikmati wisata alam yang masih asri bersama keluarga. 

Cruise ship goes to Muntok

Cruise ship goes to Muntok

 Kamis 30 Januari 2020 Untuk yang kedua kalinya Muntok - Bangka Barat disinggahi kapal Pesiar Coral Adventure Cruise yang berlabuh selama enam jam di perairan pantai Tanjung Kalian dengan membawa turis manca negara sebanyak 33 orang dan 5 orang crew kapal. Kunjungan ini bermaksud  meng explore wisata di Muntok dengan  destinasi Pesanggrahan Muntok (Wisma Ranggam), Museum Timah Indonesia Muntok, Rumah Mayor Tjung A Thiam, ,Klenteng Kung Fuk Miau, Masjid Jami’, dan Suar Tanjung Kalian.

Wisata mangrove Tanjung punai

Objek wisata mangrove Tanjungpunai,

Tanjungpunai yang berada di ujung Desa Belolaut Muntok Kabupaten Bangka Barat memiliki kekayaan alam yang cukup indah berupa tanaman Bakau atau mangrove di sepanjang pesisir pantai. Sebagai langkah awal warga setempat bergotong royong merintis membangun jembatan kayu sepanjang 100 meter. sebagai sarana pejalan kaki yang ingin menikmati keindahan mangrove di lokasi tersebut yang dikerjakan secara gotong royong oleh warga setempat berharap ke depannya jembatan semakin panjang dan dilengkapi beberapa fasilitas.

KETANGEN: Sebuah karya penggiat Cinematografi dari Muntok untuk Indonesia

Ketangen adalah sebuah film pendek berdurasi 15 menit besutan para penggiat film dari komite photografi dan cinematografi Dewan Kesenian Bangka Barat yang digawangi Silo Sandro. Ketangen dalam bahasa lokal di Bangka adalah sepeda (Ketangen; singkatan dari Kereta Angin), merupakan intepretasi dari keteguhan hati dan kerinduan seorang ibu atas keinginan anaknya. produksi film ini memakan waktu sekitar 4 bulan dengan pengambilan gambar dan melibatkan pemeran asli dari kota Muntok. 

The Nation of Metro TV Liput Kegiatan Gong Xi Fat Choi

Beberapa Waktu Lalu tepatya tanggal 14 dampai dengan 17 Januari 2020 Salah Satu Media Tv Nasional yaitu Metro TV melakukan liputan terkait dengan hari besar keagamaan yaitu Gong Xi Fat Choi, pada kesempatan itu juga juga dibahas tentang kemajemukan dan kerukunan umat bergama yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Beberapa tempat yang dikunjungi yaitu Kelenteng Kung Fuk Miao dan Mesjid Jamik Muntok, Warung Otak - otak petak 15, Pantai Siangau, Pasar Muntok dan Parit 3 sebagai pusat ekonomi,

Penutupan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Tahun Anggaran 2020 berlangsung di De’locomotief Tongaci Beach Sungailiat Bangka.

Sungaliat- Bangka(30/09). Sebanyak 40 peserta Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Tahun Anggaran 2020  (DAK Non fisik Kab. Bangka Barat TA 2020) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat terdiri dari perwakilan Kelompok Sadar Wisata ( Pokdawis) dan juga perwakilan dari Staf Desa mengunjungi De’locomotief  Tongaci Beach Sungailiat Bangka.

Tim indentifikasi Monitoring dan Evaluasi ( Monev)  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata( Disbudpar) Prov. Kep. Bangka Belitung kunjungi Bukit Penyabung.

Pelangas- Simpang Teritip (29/09). Tim indentifikasi Monitoring dan Evaluasi ( Monev)  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata( Disbudpar) Prov. Kep. Bangka Belitung kunjungi Bukit Penyabung.

Bukit Penyabung merupakan salah satu  Daya Tarik Wisata unggulan yang ada di Desa Pelangas, Kec. Simpang Terip,  Kab. Bangka Barat yang menyajikan keindahan alami alamnya, keanekaragaman batu Geopark dan Geodiversity dan keanekaragaman flora dan fauna ( Bio diversity) dan juga Culturaldiversity keunikan kebudayaannya.

Penandatangan nota kesepakatan bersama (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dengan instansi vertical di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Muntok (14/09), Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD) Kab. Bangka Barat: Bambang Haryo Suseno, dan Kabid Pemasaran Pariwisata (DISPARBUD) Kab. Bangka Barat: Romi’at hadiri undangan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) antara Pemkab Bangka Barat dengan Instansi vertical di linkungan Pemkab Bangka Barat di Ruang I Sedta Kab. Bangka Barat.

Senja season II BDBAR akan mengunjungi Ibu Selemi

Muntok(04/09), Ikatan Bujang Dayang Bangka barat (BDBAR) akan melaksanakan aksi kegiatan yaitu Senja season II, kegiatan aksi ini akan di laksanakan pada hari Minggu (06/09/), di Desa Ahoy, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Adapun kegiatan aksi tersebut bertujuan untuk menemani massa senja kaum lansia yang jauh dari keluarga sekaligus menyalurkan bentuk sumbangsih kepada beliau yaitu ibu Selemi  

Penginapan Bunga Low Fort Nugent Taman Batu Rakit.

Bunga Low Fort Nugent Taman Batu Rakit. Jika anda ingin belibur bersama keluarga dengan tujuan Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat. Prov. Kep. Bangka Belitung pastikan anda bermalam menginap di Bunga Low Fort Nugent. Bunga Low Fort Nugent beralamatkan di Jl. Raya Tanjung Kalian ± 300 meter sebelum Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kalian Ferry ASDP Indonesia.

Bupati Bangka Barat Markus hadiri Perayaan Upacara Sembahyang Rebut Dusun Tanjung Ular, Desa Air Putih, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

Muntok(01/09), Pelaksanaan Sembahyang rebut di Dusun Tanjung Ular, Desa Air Putih, Kec. Muntok Kab. Bangka Barat dihadiri Bupati Bangka Barat Markus, S.H berserta jajaran Asisten Sekda Drs. Rozali dan Bambang HS selaku Plt. Kepala Dinas Pawisata dan Kebudayaan.

Kedai Batok 77 handycraf unik menarik

Jebus(10/08),  Kreatifitas dari seseorang bisa lahir dari mana saja. Begitu pula dengan sosok Herman Arbain saat tim Ayo ke Bangka Barat mengunjungi lapaknya berlokasi di pinggir Jl. Raya Jebus bersebelahan langsung dengan lapangan bola ini. Pria dengan nama panggilan akrab bang Herman ini kurang lebih sejak 3 tahun memanfaatkan limbah untuk dijadikan kerajinan.

‘Alunan Keluh Kesah’ Karya seniman Babar akan tampil dalam Pameran Daring MANIFESTO VII’PANDEMI’ 2020. Galeri Nasional Indonesia Jakarta

Muntok(07/08), Selamat atas terpilihnya sebuah karya dari penggiat seni Bangka Barat Anung ”nungser’ Yunianto dengan judul karya ‘Alunan Keluh Kesah’ video berdurasi 03 menit 33 detik bekolaborasi dengan seniman lokal dambus Bangka Barat Mang Itat akan tampil dalam ajang Pameran Daring MANIFESTO VII ’PANDEMI’ 2020 Galeri Nasional Indonesia, yang akan digelar pada Sabtu 8 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB via Zoom dan live di galnasonline.id.

Pembangunan Rumah produksi Buah Keranji Desa Air Putih

Muntok (06/08)-Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan apresiasikan program “KOTAKU” pembangunan rumah produksi pengolahan buah Keranji, dengan adanya dukungan program tersebut dapat mendongkrak perekonomian semangat masyarakat Desa Air Putih dalam pengolahan makanan khas daerah lokal Kabupaten Bangka Barat dalam sektor kepariwisataan Ekonomi Kreatif, IKM,UKM, UMKM  makanan khas Buah Keranji yang hanya bisa dinikmati dalam dua tahun sekali ini (05/08).

BN 10 Diusulkan Sebagai Cagar Budaya

Mentok (04/08) – Mobil merk Ford Deluxe 8 bernopol BN 10 yang berada di Pesanggrahan Menumbing akan segera diusulkan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sebagai Benda Cagar Budaya di tahun 2020 ini. Tim pendaftaran cagar budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat mengunjungi tempat disimpannya mobil tersebut hari ini di Menumbing (04/08).

Ratusan Peziarah Ikut dalam Ziarah dan Do’a Arwah Makam Kute Seribu

Mentok (03/08) - Sebanyak kurang lebih 800 peziarah mengikuti kegiatan Ziarah dan Do’a Arwah Makam Kute Seribu yang diselenggarakan oleh jamaah Surau Tanjung dan Masjid Jamik Mentok hari ini (03/08). Kegiatan yang diselenggarakan pada hari ke-4 Idul Adha ini berlangsung khidmat di bawah bayang-bayang pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini.

Simulasi Kesiapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Dua Objek Wisata Bangka Barat

Mentok (28/07) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat menggelar uji coba atau simulasi penerapan layanan Adaptasi Kebiasaaan Baru pada dua objek wisata, Pantai Baturakit dan Pesanggrahan Menumbing, hari ini (Selasa, 28/07). Simulasi itu digelar menjelang akan dibukanya kembali kedua objek wisata unggulan Bangka Barat tersebut untuk para pengunjung mulai hari Kamis mendatang (30/07).

“Melalui Pemilihan Bujang Dayang Tahun 2020 kita ciptakan generasi milenial yang tangguh dan berjiwa sosial tinggi dalam mewujudkan Bangka Barat Hebat 2021”

Muntok (25/07). Pemilihan Bujang Dayang tahun 2020 adalah rangkaian agenda kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD) Kabupaten Bangka Barat, bekerja sama dengan Alumni Ikatan Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR). “Melalui Pemilihan Bujang Dayang Tahun 2020 kita ciptakan generasi milenial yang tangguh, dan berjiwa sosial tinggi dalam mewujudkan Bangka Barat Hebat 2021

Selamat dan sukses atas terpilihnya "Bujang" Kelvin Fernando dan "Dayang" Fifi Nurhafifah Tahun 2020

Muntok (25/07). Selamat dan sukses atas terpilihnya Bujang dan Dayang Bangka Barat 2020, kepada finalis "Bujang" Kelvin Fernando Pratama berasaI dari Kecamatan Parittiga Bangka Barat, dan "Dayang" Fifi Nurhafifah berasal dari Kecamatan Muntok Bangka Barat.

Potensi Pantai Jerangkat dan Bukit Penyabung

Jebus (23/07). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat melakukan peninjauan ke Pantai Jerangkat dan Bukit Penyabung sebagai potensi objek pariwisata di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (23/07). Peninjauan ini didampingi oleh Sekretaris Desa Ketap, Deni Arianza, dan beberapa anggota Pokdarwis Jebung, akronim dari Pantai Jerangkat Bukit Penyabung.

Webinar Diskusi Sejarah #2 Mengangkat Tema Pembela Republik dari Mentok

Mentok (24/07). Hari ini Webinar Diskusi Sejarah #2 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat akan digelar dengan tema “Pembela Republik dari Mentok”. Diskusi Sejarah melalui aplikasi Zoom Meeting ini akan dimulai pukul 16.00 sampai 17.30 WIB dengan narasumber Bambang Haryo Suseno, pemerhati sejarah yang saat ini menjabat sebagai Plt. Kepala Disparbud Kabupaten Bangka Barat.

Webinar Diskusi Sejarah #2 Mengangkat Tema Pembela Republik dari Mentok

Mentok (24/07). Hari ini Webinar Diskusi Sejarah #2 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat akan digelar dengan tema “Pembela Republik dari Mentok”. Diskusi Sejarah melalui aplikasi Zoom Meeting ini akan dimulai pukul 16.00 sampai 17.30 WIB dengan narasumber Bambang Haryo Suseno, pemerhati sejarah yang saat ini menjabat sebagai Plt. Kepala Disparbud Kabupaten Bangka Barat.

(FGD) Focus Group Discussion Penelitian Pengembangan Strategi Desa Pariwisata Berbasis Budaya

Tempilang (21/07/). Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Pengembangan Strategi Desa Pariwisata Berbasis Budaya di Desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat. (Studi percontohan Desa Ubud Bali sebagai Desa Wisata Berbasis Budaya) yang diselenggarakan oleh Lembaga Peneliti Universitas Bangka Belitung dan Universitas Terbuka Kepulauan Bangka Belitung.

“Erwin Madu Kelulut”

Bangka Barat- Tempilang. “Erwin Madu Kelulut” Salah satu petani budidaya madu kelulut yang berlamatkan di Jl. Raya Desa Penyampak, Kecamatan Tempilang, Rt.07 Bitis, selama kurang lebih dua tahun Erwin menekuni usaha budidaya Madu Kelulut Trigona ini, yang awalnya hanya dengan beberapa kotak koloni saja, hingga kini berkembang menjadi 300 kotak “Log” koloni di area perkebunannya di Desa Penyampak tempat ia beraktivitas sehari- hari (10/07/20).

Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok, Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru

Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok merupakan salah satu bangunan Cagar Budaya yang beralamatkan di Jl. Jend. Sudirman Muntok dan dikelola oleh  PT. Timah, tbk. Sebelum menjadi museum seperti saat ini, dahulunya gedung ini adalah Kantor Pusat PN Timah yang berdiri sejak tahun 1915 yang merupakan bangunan modern pertama milik Pemerintah Hindia Belanda di Bangka.

Pelaksanaan Webinar diskusi sejarah bagian #1 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat

Muntok- Bangka Barat. Pelaksanaan Webinar diskusi sejarah bagian #1 yang membahas tentang jejak pendidikan peranakan Tionghoa di Bangka Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat bekerja sama dengan Museum Timah Indonesia Muntok, dan Komunitas penulis “Anak Mude” Pecinta dan Pemerhati Sejarah lokal sukses rampung di gelar bertempat di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat (17/07/20).

Pasadena Hotel dan Restaurant, sambut tamu dengan adaptasi kebiasaan baru

Bangka Barat (17/07/2020) Pasadena Hotel dan Restaurant adalah salah satu akomodasi di Kabupaten Bangka Barat yang mampu bertahan di tengah terjangan pandemi Covid-19, selama masa pandemi ini hotel yang berada di Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Bangka Barat Pal. 4 Daya Baru, Muntok ini hanya mengurangi jam kerja para karyawannya agar operasional hotel tetap berjalan. Pasadena Hotel dan Restaurant menerapkan standar protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru dalam menerima tamu yang datang untuk menginap di hotel mereka.

Pandemi Covid-19, Yasmin Hotel dan Restaurant Ubah Pelayanan tamu sesuai dengan pedoman dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif

Bangka Barat (17/07/2020), Setelah beberapa bulan dunia pariwisata mengalami dampak langsung dari adanya Covid-19, kini sektor pariwisata sedang berbenah kembali menyambut era new normal. Perlahan tapi pasti dunia kepariwisataaan mulai siap menyambut era adaptasi kebiasan baru dengan mengubah perilaku baru menjadi kebiasaan baru, salah satunya industri pariwisata yakni akomodasi perlahan bersiap untuk membuka kembali usahanya dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan siap menerima kembali tamu yang akan menginap.

Aneka snack dan cake LINA MANDIRI, Kec. tempilang. Kab. Bangka Barat.

Muntok Bangka Barat. Dalam rangka pemutakhiran data terkait perkembangan para pelaku usaha Ekonomi Kreatif, UKM, IKM, UMKM di Kabupaten Bangka Barat ( 10/07/20). Tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat menyambangi Rumah Snack Lina Mandiri yang terletak di Desa Benteng Kota Tempilang. Terletak di daerah pesisir Kabupaten Bangka Barat khususnya Tempilang kaya akan hasil laut. Salah satunya ikan tenggiri. Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai penganan yang enak. Mulai dari empek – empek hingga kerupuk.

Webinar Diskusi Sejarah #1 Membahas Jejak Pendidikan Peranakan Tionghoa di Bangka Barat

Mentok (15/07). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat akan menggelar seminar daring (dalam jaringan) atau webinar Diskusi Sejarah Bagian I pada hari Jum’at mendatang (17/07). Dengan mengangkat tema Jejak Pendidikan Peranakan Tionghoa di Bangka Barat, webinar ini akan dimulai pukul 16.00-17.30 WIB dengan narasumber Suwito Wu yang juga selaku Ketua Komunitas Heritage Tionghoa Bangka.

Dodol Ranggi- Desa Ranggi Asam Kec. Jebus. Kab. Bangka Barat.

Bangka Barat. Mengenal dan merasakan makanan yang satu ini pasti tidak asing bagi kita di Indonesia, makanan ini disebut "Dodol" dengan bermacam- macam  variasi rasa buahan dengan cita rasa gurih dan manis, bertekstur lembut pada bagian dalamnya, dan kering pada bagian luar, makanan ini biasanya menjadi salah satu makanan  khas atau oleh- oleh disaat kita berlibur disuatu daerah seperti di Pulau Jawa, dan cocok sekali menjadi sajian camilan disaat santai bercengkrama bersama keluarga.

Café Outdoor Foods & drinks- Desa Air Kuang, Kec. Jebus, Kab. Bangka Barat

Bangka Barat, Bagi anda yang berkunjung atau menikmati liburan akhir pekan berwisata ke Bangka Barat, dengan tujuan ke Kecamatan Parittiga, anda bisa bersantai sejenak menghilangkan rasa lelah, ada sebuah cafe yang sangat nyaman untuk di singgahi bersama keluarga, bersama pacar, atau sekedar santai bersama kerabat teman- teman, Tempatnya asik dan sangat luas,  Ada lukisan 3D bisa buat selfi- selfian di bagian tembok halaman.

Lima (5) pasang peserta finalis Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat 2020

Muntok- Bangka Barat. Berikut Lima (5) pasang peserta finalis Bujang dan Dayang Kabupaten Bangka Barat 2020. Wajah serta nama dan alamat yang  lolos dari tahapan sesi audisi interview secara daring/ online, para peserta bertatap wajah langsung/ video call dengan pihak juri melalui aplikasi WhatsApp online dilaksanakan pada Sabtu (27/06/20) yang sebelumnya berjumlah Dua Belas (12) pasang peserta semi finalis.

Penilaian secara daring/online Pemilihan Bujang Dayang Kab. Bangka Barat 2020

Muntok- Bangka Barat. Kesibukan para tim juri saat penilaian interview dalam ajang pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat tahun 2020, kepada 12 pasang Semi Finalis yang dilaksanakan di Museum Timah Muntok Indonesia secara daring/ online Sabtu, (27/06/20).

Penilaian interview melaui aplikasi WhatsApp online yang dilaksanakan di ruangan Museum Timah Muntok Indonesia secara terpisah, agar suasana tatap muka juri dan peserta tetap nyaman dan kondusif saat berinteraksi.

Semi Finalis Terpilih Pemilihan Bujang Dayang Bangka Barat 2020

Melalui rapat singkat panitia seleksi pemilihan Bujang Dayang tahun 2020 di Museum Timah Muntok Indonesia (25/06/20). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat mengucapkan selamat atas terpilihnya 12 pasang peserta Semi Finalis dalam ajang pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020.

Dengan melakukan penilaian dari berkas yang telah dilakukan seleksi diumumkan secara Live melalui official Instagram Bujang Dayang Bangka Barat pada Kamis, 25 Juni 2020 pukul 14.00 – 16.00 WIB dengan beberapa aspek antara lain :

Family Gathering IOF Pengda Babel Promosikan Potensi Pariwisata Kec. Parittiga, Kab.Bangka Barat.

Bangka Barat- Kurang lebih empat puluh peserta kendaraan roda empat Offroad dengan ciri khas menggunakan ban bertapak lebar, dengan spesikasi Fun Offroad, Extreme Offroad, Adventure Offroad, peserta memadati area kawasan Agro wisata Bukit Mantan Indah (BMI) Family Gathering Adventure Offroad, serta menyikapi persiapan new normal dalam mempromosikan potensi pariwisata di Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat(21/06/2020).

Keripik Priak olahan UPPKS Mandiri, Desa Sekar Biru, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat

Bangka Barat-  Apabila anda anda bekunjung ke Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat, tepatnya di Desa Sekar Biru jangan lupa untuk membeli oleh- oleh yang satu ini yaitu keripik priak/ pare, pare (Momordica Charantia) ini biasanya diolah sebagai masakan atau lalapan. Pare yang juga disebut “paria” atau “periak” dalam bahasa lokal juga memiliki banyak manfaat dari buah hingga akarnya dan bisa diolah sebagai obat tradisional.

“SENJA” video pendek karya aksi BDBAR raih juara harapan III. Lomba diselenggarakan oleh (KEMENPPPA) Republik Indonesia

Muntok- Bangka Barat. Selamat dan sukses kepada Alumni Ikatan Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bangka Barat, dengan meraih juara harapan III dengan total nilai 219 dalam lomba video pendek yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KEMENPPPA) Republik Indonesia yang diumumkan melalui tayangan video conference pada Senin (22/06/2020).

Vitur Merah ( Virtual Tour Mengenai Sejarah ) 12- 13 Juni 2020

Muntok- Bangka Barat, Mari kita apresiasikan dan ikut bergabung dalam Vitur Merah ( Virtual Tour Mengenai Sejarah ) 12- 13 Juni 2020 di Museum Timah Indonesia Muntok, bentuk aksi dari Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) pada kali ini dalam menuju New Normal. Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) yang berperan aktif membantu pemerintah Kab. Bangka Barat dalam mempromosikan berbagai macam potensi dan Daya Tarik Pariwisata Daerah, Baik secara sendiri- sendiri maupun secara bersama-sama melalui media sosial secara langsung.

Kunjungan kerja Study Komparasi Komisi II DPRD Kota Pangkal Pinang ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Bangka Barat Tahun 2020.

Muntok- Sebanyak 9 (Sembilan) Anggota Komisi II DPRD Kota Pangkal Pinang melakukan Study Komparasi bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat pada Hari Kamis (04/06/2020).

Pada kegiatan rapat tersebut hadir ketua, sekretaris, berserta anggota Komisi II DPRD Kota Pangkal Pinang; Ahmad Amir, Rio Setiady, Dwi Pramono, Ernawati, Riduan, Jamaludin, Untung Budiyono, dan Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat; Bambang HS, berserta Kepala Bidang Pemasaran; Romi’at, Kepala Bidang Destinasi; Setyawan.

Aksi BDBAR- Minus PLUS Berbagi

Muntok- Bangka Barat, pada aksi kegiatan kali ini Putra- Putri yang tergabung dalam Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) terbentuk pada tahun 2013, dan masih aktif hingga saat ini melakukan kegiatan bertemakan Minus PLUS Berbagi’ - Minus Plastik Used adalah sebuah kampanye untuk mengajak masyarakat dalam mengurangi penggunaan plastik kresek dan menggantinya dengan Tote Bag lalu dikemas dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara berbagi dengan sembako. 

Minus PLUS Berbagi

Minus PLUS Berbagi

Berlanjut pada aksi kegiatan berikunya, Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) yang sebelumnya sukses melakukan aksi TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis).

Kali ini akan melakukan aksinya kembali dengan tema ‘Minus PLUS Berbagi’ adalah sebuah kampanye untuk mengajak masyarakat dalam mengurangi penggunaan plastik kresek dan menggantinya dengan Tote Bag lalu dikemas dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara berbagi dengan sembako.

Aksi Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis)

Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh berkah yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Kehadiran bulan suci Ramadhan biasanya selalu disambut gembira oleh seluruh kaum muslimin, tak terkecuali bagi masyarakat muslim Indonesia.

Bulan Ramadhan yang identik dengan ibadah puasa yang memiliki banyak keistimewaan yang tidak bisa dijumpai di bulan-bulan lainnya. Allah SWT menjanjikan banyak kebaikan dan pahala yang berlipat ganda bagi mereka yang bisa memanfaatkan momen istimewa di bulan Ramadhan.

TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis) Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)

Masih dalam upaya #LawanCorona Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) akan melaksanakan sebuah aksi yang didedikasikan bagi Tenaga Medis sebagai garda terdepan dalam melawan wabah Corona yang mematikan.

Yang sebelumnya sukses menggelar beberapa kegiatan seperti Bermain (Berbagi Masker Kain)
dalam pembagian masker meliputi beberapa wilayah Pangkalpinang, Belitung, Muntok, Jebus, Parittiga, Jogjakarta.pada minggu lalu(19/4/20).