Pemilik Usaha Homestay ikuti Pelatihan guna tingkatkan pelayanan prima

Pemilik Usaha Homestay ikuti Pelatihan guna tingkatkan pelayanan prima

Mentok, - Sebanyak 40 orang pemilik usaha home stay atau pondok wisata  ikuti pelatihan selama 3 hari yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Rabu (19/10) bertempat di Hotel Pasadena Mentok.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar para pemilik usaha homestay atau pondok wisata dapat menampilkan usahanya yang semakin menarik dan berkesan sehingga bisa membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Kami ingin para pengelola pondok wisata semakin profesional, mampu memberikan pelayanan berkualitas dan prima kepada para wisatawan," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Romi'at di Mentok, Babel, Senin.

Kami mendatangkan narasumber dari unsur akademisi dan praktisi yang selama ini sudah bergerak di bidang usaha tersebut,dan diharapkan para pelaku usaha pondok wisata di Bangka Barat semakin termotivasi dan serius dalam menjalankan usaha yang digeluti.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat M. Ali menjelaskan tempat menginap merupakan salah satu aspek yang tidak terpisahkan dalam rantai perjalanan wisata karena setiap wisatawan, terutama yang dari luar daerah, membutuhkan akomodasi lengkap saat datang ke daerah lain, termasuk salah satunya penginapan.

Dengan menampilkan usaha pondok wisata yang dikelola oleh penduduk berupa tempat menginap murah dengan fasilitas standar, baik kamar atau bangunan yang terpisah maupun bergabung dalam rumah induk.

Selama menginap ini, para tamu bisa saling berinteraksi dengan pemilik rumah dan menjalani aktivitas keseharian seperti penduduk lokal layaknya keluarga. Dengan tinggal bersama keluarga, para wisatawan akan mendapatkan pengalaman otentik baru, kesan ini yang perlu terus dijaga dan ditingkatkan agar para tamu memiliki rasa rindu untuk kembali lagi ke Bangka Barat.

"Seiring perjalanan waktu, usaha ini sekarang sudah menjadi usaha rumahan potensial dan kami berupaya agar usaha yang sekarang sudah ada di Bangka Barat ini semakin profesional, dikemas menarik dengan dukungan fasilitas, harga dan kenyamanan sesuai standar keinginan para tamu," katanya.

Ia optimistis dengan adanya peningkatan pengelolaan pondok wisata, usaha tersebut akan semakin berkembang karena pondok wisata merupakan akomodasi pariwisata alternatif yang lebih ekonomis bagi wisatawan.

Sumber: 
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Penulis: 
Disparbud
Bidang Informasi: 
DISPARBUD

Berita

29/12/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
25/10/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
27/07/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
26/07/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
21/07/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
13/07/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...