Pemkab Bangka Barat dorong para pengembang Desa Wisata dalam memajukan Wisata Bangka Barat

Pemkab Bangka Barat dorong para pengembang Desa Wisata dalam memajukan Wisata Bangka Barat

Mentok,  - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mendorong pengembangan potensi desa wisata agar semakin menarik dikunjungi wisatawan sehingga bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Pengembangan desa wisata tidak sebatas menampilkan keindahan alam, namun kami mendorong para pelaku usaha desa wisata bisa mendorong upaya pelestarian dengan memberdayakan potensi lokal dan nilai-nilai kearifan lokal," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Selasa (11/10) saat membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Hotel Pasadena Mentok.

Menurut dia, pengembangan budaya dan nilai-nilai kearifan lokal akan menjadi daya tarik bagi wisatawan karena setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri. "Ini juga sebagai upaya kita dalam menjaga kelestarian agar tidak punah karena arus globalisasi yang sangat gencar dan telah masuk wilayah pedesaan hingga pelosok," ujarnya. Kearifan lokal menjadi kunci masyarakat yang bermartabat, sehingga pengembangan desa wisata tetap perlu memegang nilai-nilai luhur warisan turun temurun tersebut, ujarnya.

Dengan memegang nilai-nilai luhur dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka desa wisata akan berkembang secara mandiri, profesional dan tetap mengusung semangat kebersamaan. "Kami akan terus membantu gerak pelaku desa wisata agar semakin berkembang dan mampu mewujudkan usaha berkelanjutan," katanya.

"Hal seperti ini memang harus selalu kita sosialisasikan, karena dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan kontribusi positif buat tumbuh kembang pariwisata berbasis masyarakat yang berkelanjutan di Bumi Sejiran Setason yang kita cintai" Ungkapnya. "Sukses atau tidaknya desa wisata ini tergantung pada apa yang kalian perbuat untuk desa tersebut"  Tutupnya. 

 

Sumber: 
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Penulis: 
Disparbud
Bidang Informasi: 
DISPARBUD

Berita

29/12/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
25/10/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
27/07/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
26/07/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
21/07/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...
13/07/2022 | Dinas Pariwisata dan Ke...