Bangka Barat, Salah satu produk unggulan IKM yaitu Madu Kelulut (Trigona itama) yang di budidaya oleh Yuliandi, di bawah binaan KPHP Jebu Bembang Antan, terletak di Dusun Bangun Jaya Rt. 04. Desa Air Kuang Kec. Jebus, Kab. Bangka Barat.

Budidaya lebah madu kelulut Yuliadi telah ditekuni sejak 2018, dengan memanfaatkan lahan disekeliling rumah disulap menjadi budidaya lebah madu kelulut.  Dengan berbahan sederhana menggunakan kotak papan berbentuk persegi empat berukuran lebar 50cm, dengan ketebalan 20cm, kotak tersebut diberi penyangga kayu disusun berdiri berjajar atau berkelompok agar kawanan koloni lebah tetap  bertambah. yang nantinya kotak tersebut menjadi tempat bersarang koloni lebah-lebah kecil seperti lalat tersebut.

Saat berkunjung di kediamannya, Yuliandi," mengenai daya jual saat pandemi wabah Covid-19 pesanan justru meningkat dibandingkan dari sebelum wabah Covid-19 merebak, mungkin dari khasiat madu kelulut ini yang banyak kegunaannya baik dari nilai gizi dan sebagai daya tahan tubuh yang sangat luar biasa, jadi banyak yang membeli, dan tak urung stok persediaan madu pun terkadang sampai kehabisan. Untuk panen madu pun tidak bisa setiap hari, dalam satu koloni, bisa menghasilkan sentengah liter madu saja, dan minimal palingcepat masa panen itu jaraknya satu bulan. Tapi jangan khawatir bagi konsumen diharapkan dapat mememesan dulu. Nanti akan kami kembangkan lagi budidaya lebah madu ini', ungkap lelaki lulusan S1 Teknik Industri ini.

Jadi, bagi anda yang ingin mengkonsumsi madu kelulut original Pondok Madu Kelulut Bangka Barat, bisa langsung datang kerumah atau dapat memesan di nomor telepon: 0813-6878-3366, dan nantinya madu dapat dikirim secara online ke seluruh Indonesia.

Facebook resmi Pondok madu Kelulut ;https://www.facebook.com/pondk.kelulut

Mari bersama, kenali, cintai, produk- produk Ekonomi Kreatif, UKM, UMKM Kabupaten Bangka Barat.

- Ayo Ke Bangka Barat-

Sumber: 
Disparbudbabar- Pondok Madu Kelulut
Penulis: 
SAP
Fotografer: 
Disparbudbabar2020- Pondok Madu Kelulut
Editor: 
nov@
Bidang Informasi: 
Humas