Selayang Pandang

Tabik Tuan dan Puan sekalian,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera, Om Swasti Astu, Salom Namo Budaya, Salam Kebajikan, Rahayu-rahayu. Salam Budaya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bangka Barat. Tugas dan Fungsinya diatur berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat. 

Berdasarkan  Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Barat Nomor 7 Tahun 2016  tentang RPJMD Kabupaten Bangka Barat Tahun 2016-2021 (Lembaran Daerah Kabupaten Bangka Barat Tahun 2016 Nomor 3 Seri E), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memiliki tugas dalam membantu kepala daerah untuk mencapai pembangunan ekonomi disektor pariwisata daerah berbasis kekayaan budaya yang tercermin dari meningkatnya kunjungan wisata, kontribusi sektor pariwisata daerah dalam PBRB, Peningkatan PAD dari Sektor wisata dan pelestarian kekayaan budaya yang dapat terintegrasi kedalam program kepariwisataan.

Untuk mencapai target daerah, telah disusun Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Barat Nomor 4 Tahun 2018  tentang Rencana Induk Pengembagan Kepariwisataan Kabupaten Bangka Barat Tahun 2018-2027 (Lembaran Daerah Kabupaten Bangka Barat Tahun 2018 Nomor 2 Seri E) sebagai panduan perencanaan dan pengembangan pariwisata daerah. Juga telah disusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Bangka Barat Tahun 2018 sebagai pedoman bagi pelestarian yang dapat diturunkan kepada program perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan daerah di Bangka Barat.

Website Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat ini adalah wajah dari bentuk pelayanan dan kinerja kami kepada khalayak semua. Di bangun pada awal Tahun 2020, semoga yang kami lakukan ini bermanfaat bagi upaya pelestarian dan pengembangan kepariwisataan dan kebudayaan daerah. Dengan segala kelemahan dan kekurangan yang kami miliki, kami berupaya untuk menyajikan data, pelaksanaan kinerja, hasil dokumentasi, pemasaran produk wisata, rencana pengembangan wisata, serta banyak hal terkait pariwisata dan kebudayaan di Bangka Barat agar dapat bersinergi bersama dengan masyarakat dan pelaku wisata dan budaya yang ada untuk membangun daerah disektor wisata dan budaya.

Semoga apa yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi kita semua, atas segala salah dan khilaf kepada Tuhan kami minta ampun, kepada Tuan dan Puan sekalian kami mohonkan permintaan maaf yang sebesar–besarnya.

 

Cual dipakai indah terlihat

beragam corak ciri khas adat

inilah kami Kabupaten Bangka Barat

Bumi Sejiran Setason Hebat 

 

Kota Muntok kota pusake

Banyak sejarah punye cerite

Antar Pemangku mari duduk bersame

Membangun Wisata dan Budaya kite

 

Wabillah Hitaufik Walhidayah Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera, Om Swasti Astu, Salom Namo Budaya, Salam Kebajikan, Rahayu-rahayu. Salam Budaya.