Visi dan Misi

Visi Kabupaten Bangka Barat tahun 2021— 2026 yaitu :

"TERWUJUDNYA MASYARAKAT BANGKA BARAT YANG MAJU, SEJAHTERA, DAN BERMARTABAT”

Penjabaran visi tersebut sebagai berikut.

MASYARAKAT BANGKA BARAT

Individu-individu yang hidup secara berdampingan dan membentuk perkumpulan di seluruh desa dan kelurahan, terdiri dari berbagai etnis yang  meliputi  seluruh  penduduk  yang tinggal  di  wilayah  Kabupaten Bangka  Barat dalam  batas-batas  tertentu,  yang  hidup  dalam  tatanan hukum negara dan agama, memiliki semangat serta etos kerja yang tinggi untuk membangun daerah di Kabupaten Bangka Barat agar dapat menjadi daerah yang maju, sejahtera dan bermartabat.

MAJU

Dengan capaian pembangunan yang diperoleh hingga saat ini, Kabupaten Bangka Barat berusaha untuk melakukan peningkatan di segala sektor sehingga mengalami kemajuan dan terdepan dalam upaya peningkatan ekonomi  yang  menjadikan  industri  pengolahan  sebagai  leading sektor untuk menggerakan sektor lainnya agar dapat lebih memberikan dampak kemajuan bagi peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing melalui pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, peningkatan Infrastruktur dan tata kota, serta kemandirian desa dengan tata kelola birokrasi yang berkeadaban (good governance).

SEJAHTERA

Kesejahteraan dimaknai terpenuhinya rasa aman sentosa dan makmur, bagi masyarakat Bangka Barat. Kesejahteraan yang ingin diwujudkan merupakan kesejahteraan lahir dan batin yang berbasis pada individu, keluarga, dan lingkungan sebagai dasar memperkuat tatanan sosial. Kesejahteraan dalam arti yang sejati adalah keseimbangan hidup yang merupakan buah dari kemampuan seseorang untuk memenuhi tuntutan dasar   seluruh   dimensi   dirinya   meliputi   rohani,   akal,   dan   jasad. Keterpaduan antara sejahtera lahiriah dan batiniah adalah manifestasi dari sejahtera  yang  paripurna.  Kesejahteraan   seperti  inilah  yang  akan membentuk  kepercayaan  diri  yang  tinggi  pada  masyarakat  Kabupaten Bangka Barat   untuk mencapai kualitas kehidupan yang semakin baik hingga terwujud masyarakat Bangka Barat yang maju dan berkeadaban.

BERMARTABAT

Masyarakat Kabupaten Bangka Barat yang bermartabat yaitu masyarakat yang beriman, demokratis dan beradab, berbudaya, menghargai hak asasi manusia, masyarakat tertib dan sadar hukum, kreatif, mandiri dan percaya diri. Para ahli psikolog meletakkan karakter bermartabat sebagai dasar kepribadian yang utuh untuk berperilaku yang kuat dan ulet dalam mencapai kehidupan yang lebih baik, bahagia lahir batin di dunia dan akhirat.

Dengan   demikian   visi   Kabupaten   Bangka   Barat   “Terwujudnya masyarakat Bangka Barat yang maju, sejahtera, dan bermartabat” bermakna “Peningkatan kualitas individu-individu yang menjadi anggota masyarakat di wilayah Bangka Barat, sehingga akan memberikan dampak pada kemajuan dalam hal pembangunan manusia, infrastruktur dan layanan publik. Pada akhirnya akan menimbulkan kepercayaan diri pada setiap warga masyarakat Bangka Barat, menjadikan warga sebagai masyarakat yang bermartabat, tercermin dalam kehidupan  keseharian, lebih mengedepankan moralitas, etika, dan hukum yang berlaku dengan landasan nilai-nilai spiritualitas”.

Rumusan Misi yang ditetapkan untuk pelaksanaan visi adalah sebagai berikut.

1.  Memajukan    Pertumbuhan    Ekonomi    dan    Kesejahteraan

Masyarakat

Kabupaten  Bangka Barat merupakan  daerah  yang didominasi oleh industri pengolahan sebagai leading sector dan mampu menggerakkan sektor lainnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas serta   mewujudkan   kesejahteraan   masyarakat   yang   merata   dan berkeadilan.

2.  Memajukan Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing dan

Berahlak Mulia

Pemerintah  Kabupaten  Bangka  Barat  berkomitmen  untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu yang berdaya saing dalam bidang pendidikan, kesehatan yang memiliki tubuh dan jiwa yang sehat, dan berahlak mulia.

3.  Mewujudkan Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintah yang

Baik

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bertujuan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik untuk memaksimal kepuasan masyarakat atas  pelayanan  pemerintah  dan meningkatkan  kemampuan  keuangan Daerah.